Untuk Harian, Mending Motor Sport atau Matik? Ini Jawabannya…

0
70
Motor Sport atau Matik
Lebih mending motor sport atau matik untuk penggunaan harian, ya? Foto: Planet Ban

NaikMotor – Model sepeda motor apa yang lebih enak untuk pemakaian harian? Motor Sport atau Matik? Kali ini NaikMotor akan memberi sedikit pencerahan untuk Motoris yang sedang galau memilih motor baru. 

Sepeda motor seakan jadi barang wajib bagi sebagian orang. Apalagi ketika masa Pandemi ini banyak transportasi umum dibatasi, sehingga pilihan praktis adalah dengan bersepeda motor.

Motor sendiri memiliki beberapa jenis model yang kerap ditemui, seperti motor sport (sportbike), skuter matik, naked, dan underbone. Kali ini, Planet Ban kembali membagikan informasi singkat bermanfaat untuk membantu motoris yang sedang galau memilih motor sport atau matik saja untuk digunakan harian.

Sebelumnya, ada hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan motor pilihan, seperti jalanannya misalnya. Jalanan di kota besar padat penduduk kurang memberi ruang yang nyaman untuk berkendara. Volume kendaraan roda dua dan 4 mempersempit jangkauan jalan, sehingga sulit untuk melaju lancar terutama di rush hour.

Melihat situasi dan kondisi di jalan, ini beberapa perbandingan kelebihan dan kekurangan masing-masing model motor baik sport maupun matik:

  • Sportbike

Sepeda motor bermodel sport (sportbike, naked, cruiser, adventure) yang bergaya macho ini bisa meningkatkan kepercayaan diri, terutama bagi kaum adam. Tetapi sekarang juga sudah banyak perempuan yang menunggangi sportbike, lho. Sportbike memiliki kecepatan yang lebih stabil di atas 60 km/jam dengan aerodinamis yang nyaman saat ditunggangi.

Tetapi, saat kemacetan, motor sport sulit mencari celah sehingga butuh kesabaran lebih, ditambah lagi, setelan kopling membuat berkendara jadi lebih melelahkan.

  • Skuter Matik

Motor dengan kapasitas mesin standar 110-125 cc kesukaan sejuta umat ini digemari semua kalangan, baik laki-laki, perempuan, tua, dan muda karena kebanyakan motor ini berdesain lebih kecil dan ringan sehingga bisa menyalip saat terjebak macet.

Walau mudah dioperasikannya, bukan berarti motor matik bebas kendala, lho. Kebiasaan stop and go bisa membuat putaran mesin naik turun dengan cepat dan tiba-tiba. Kebiasaan ini bisa mempengarui konsumsi bensin hingga jadi lebih boros.

Sebenarnya, untuk pemilihan sepeda motor itu tergantung kepada selera masing-masing dan kapasitas kegunaannya. Banyak yang senang dengan penampilan model sport, tapi ingin kenyamanan pemakaian semudah skuter matik. Sebaiknya, tentukan dengan bijak terlebih dahulu sebelum membeli sepeda motor karena pilihan dan keputusan akhir ada di tangan anda. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*