Vespa ET4, Awal Mula Pabrikan Piaggio Produksi Skutik 4-tak

0
126
Vespa ET4
Vespa ET4 milik Jujuk Margono. Foto: Istimewa

NaikMotor – Vespa ET4 merupakan pionir skutik 4-tak yang diusung Piaggio dalam jajaran line up produksi skuter ikoniknya.

Vespa ET Series mulai dipasarkan di Eropa pada 1996. Munculnya Vespa ET Series bisa dibilang adalah jawaban Vespa terhadap permintaan pasar atas skuter matik bermesin 4-tak. Menariknya, sasis Vespa ET Series punya rancangan yang bisa mengakomodir mesin 2-tak (ET2) dan 4-tak (ET4).

ET4 mengusung mesin berkapasitas 150 cc single cylinder, 4-tak, SOHC, 2-valve, serta air cooled.

Jujuk Margono dengan Vespa ET4 miliknya.

Dari sisi desain, Vespa ET Series membawa perubahan besar. Di mana sebelumnya Vespa lewat varian PX lebih banyak bermain dengan desain mengotak, sedangkan pada Vespa ET Series lebih terlihat desain yang bulat. Selain itu body Vespa ET series juga didominasi bahan metal yang membuatnya punya kesan kuat dan premium.

“Sebenarnya sudah pengen ET4 dari tahun 2000-an namun baru kesampaian tahun 2008. Pertama kali saya lihat di Indonesia harganya kisaran Rp 14 jutaan. Saya mikir nanti saja tunggu bekasnya dan berharap harga turun,” ungkap Jujuk Margono, salah satu kolektor ET4.

“Setelah beberapa tahun saya cek lagi harganya kok semakin mahal, dan benar saja bahwa ET4 memang menjadi buruan kolektor dan harganya makin menjulang karena merupakan Vespa pertama yang mengusung transmisi matik dan bermesin 4-tak,” imbuh Jujuk.

Di Indonesia, ET4 kembali menjadi buah bibir saat digunakan oleh penyanyi cantik Raisa Andriana dalam video klip lagunya yang berjudul “Usai di Sini.” (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*