Mengendarai Sepeda Motor yang Aman Saat Berhijab

0
Tips Aman Hijabers
Berhijab pun mesti berkendara yang nyaman dan aman. Foto: dok NMC

NaikMotor – Mengendarai sepeda motor menggunakan hijab bukanlah suatu halangan. Namun ada beberapa tips aman hijabers berkendara dari Wahana Honda biar makin nyaman.

Mengendarai sepeda motor menggunakan hijab sudah menjadi hal lumrah saat ini. Akan tetapi, terdapat juga beberapa kasus kecelakaan disebabkan hijab atau baju gamis yang dipakai tersangkut roda atau rantai motor. Nah, biar hal tersebut tidak terjadi, simak tipsnya:

Sesuaikan dengan sepeda motor yang digunakan

Sobat naikmotor.com, jika hijab yang yang digunakan berukuran lebar sebaiknya gunakan motor matik. Sebab motor jenis ini memiliki desain bodi yang lebih tertutup jika dibandingkan dengan motor bebek atau motor berkopling.

Akan tetapi meski menggunakan motor matik, disarankan menggunakan hijab dengan model yang tidak terlalu lebar atau panjang, sebab jika terlalu panjang atau lebar akan mudah terbawa angin saat berkendara. Imbasnya berkendara menjadi kurang nyaman.

Perhatikan Kaca Spion

Selanjutnya adalah seringlah memperhatikan kaca spion. Hal ini berfungsi untuk melihat laju pengendara lain sambil memperhatikan pakaian dan hijab apakah terurai terkena hempasan angin atau tidak.

Sesuaikan kecepatan serta tidak memakai hijab sebagai pelindung

Sesuaikan kecepatan ketika melaju agar tidak menyebabkan hijbab menjadi terurai ketika terkena angin. Hal lain yang harus menjadi perhatian adalah tidak memakai hijab sebagai pelindung tangan agar tidak terkena sinar matahari. Hal ini tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan hijab menjadi tertarik dan menganggu kenyamanan berkendara.

Perhatikan model ukuran Hijab

Dari beberapa tips aman hijabers berkendara yang sudah dijabarkan, hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum berkendara adalah perhatikan ukuran dan model hijab. Jika hijab yang dipakai model panjang maka beberapa bagiannya lebih baik dijepit, diikat atau diduduki selama berkendara.

Namun alangkah baiknya jika saat mau berkendara sepeda motor baiknya menggunakan hijab yang tidak terlalu panjang atau lebar untuk meminimalisir ketidaknyamanan saat mengendarai sepeda motor dan terhindar dari hal-hal yang bisa mengakibatkan kecelakaan. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY