Bahan Helm Menentukan Kualitas, Boleh Jadi Ada Harga Ada Rupa

0
86
memilih helm berkualitas
Dereta helm Arai di Booth Prime Gears. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Memilih helm berkualitas ibarat seperti pemeo ada harga ada rupa alias kualitas. Umumnya jika helm harga mahal biasanya dibarengi dengan kualitas material dan aksesori yang eksklusif.

Berbagai macam helm beredar di pasaran, mulai dari helm entry level hingga yang mengarah ke segmen high-end. Umumnya yang membedakan dari kualitas material, struktur desain serta aksesoris yang menempel pada helm tersebut.

“Jika memilih helm dengan acuan dari harga, sudah pasti beda di kualitas material serta karakter dari setiap helm tersebut. Contoh untuk helm yang kita pegang (Arai), memiliki kualitas material yang lebih memperhatikan safety dan kenyamanan dan kekuatan serta teknologi dari absorb dan EPSnya,” terang Arief RB, Manager Prime Gears.

Umumnya, bahan material helm terbuat dari tiga jenis pilihan. Yang pertama Termoplastik. Adalah jenis helm paling murah karena proses pembuatannya pakai mesin. Jadi produksinya bisa banyak.

Kemudian material yang kedua adalah Tri-Fiber Composite. Sesuai namanya, ada tiga material yang menyusun cangkang atau shell helm jenis ini. Yaitu fiber, kevlar serta karbon. Kelebihannya helm jadi lebih rigid namun mempunyai bobot yang ringan. Selain itu saat benturan terjadi, helm bisa menyerap energi benturan dengan maksimal,

Selanjutnya material yang ketiga adalah Pure Carbon. Selain enteng, helm berbahan pure karbon juga karena sudah diuji aman untuk meredam benturan.

“Ada juga helm yang harganya mahal, namun kualitas materialnya lebih ke arah fashion. beberapa bagian part eksterior atau interiornya terdapat lapisan berharga seperti emas, perak, titanium. Jadi memang tidak dipungkiri ada harga pasti ada kualitas,” tutup Arief. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*