3 Fitur Andalan Ninja ZX-25R, Buat Berkendara Canggih

0
296
menjajal performa ZX-25R
Kesempatan menjajal performa Kawasaki Ninja ZX-25R, dapat hingga 174 km/jam. Foto: Januar

NaikMotor – Kawasaki Ninja ZX-25R banjir peminatnya, karena sportbike 250 cc ini sudah mengusung mesin 4-silinder segaris. Selain itu, setidaknya ada 3 fitur andalan Ninja ZX-25R itu.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) membuat kejutan ditengah fase new normal dengan meluncurkan Kawasaki Ninja ZX-25R. Sepeda motor 250 cc yang mengusung 4-silinder ini langsung mendapat sambutan positif dari maniak sportbike berfairing. Terbukti dalam 2 hari sudah sold out 200 unit.

Selain mesin 250 cc 4-silinder, ada 3 fitur andalan ZX-25R. Berikut beberapa fitur-fitur andalannya.

pameran kawasaki
Ninja ZX-25R sudah mengusung fitur KQS. Foto: Autoby

Kawsaki Quick Shift (KQS)

KQS berfungsi untuk memindahkan gigi transmisi dengan cepat tanpa harus menarik tuas kopling. Menariknya, KQS pada Ninja ZX-25R bukan cuma bisa up shift, tapi juga down shift. Hal tersebut menjadi terobosan yang pertama untuk sportbike 250 cc. Sayangnya, fitur KQS ini hanya tersedia pada tipe ZX-25R ABS/SE.

Power Mode

Ninja ZX-25R menyediakan 2 fitur pilihan output tenaga yang bisa dipilih, yakni Full dan Low.

Jika ingin tenaga dan torsi motor keluar 100% diikuti gerakan jarum takometer yang cepat, pilihan mode Full yang akan mendukungnya. Namun saat mode Low yang dipilih, maka tenaga dan torsi motor hanya 65% yang tersalurkan menuju roda belakang.

Respon mesin pun tak secepat saat pakai mode Full. Jadi mode Low lebih cocok saat riding di jalanan basah atau licin, agar motor tak liar.

Kawasaki Traction Control (KTRC)

Fitur KTRC biasa disematkan untuk motor bermesin besar dari pabrikan Kawasaki. Terdapat 3 pilihan KTRC untuk Ninja ZX-25R, yakni low, medium dan high. Selain itu, fitur KTRC juga bisa dimatikanjika dirasa tidak perlu digunakan saat berkendara.

Secara fungsi, KTRC bertugas mencegah roda belakang selip saat tuas gas diputar cepat. Dan tentunya bisa diselaraskan dengan Power Mode tadi.

Seperti contohnya disaat jalanan basah, riders bisa pakai Power Mode diposisi Low dan KTRC diposisi High atau 3 agar berkendara bisa lebih aman dan ban tidak selip.

Adanya fitur KQS, Power Mode serta KTRC tak lepas dari disematkannya fitur Electronic Throttle Valve yang berfungsi  untuk mengatur buka-tutup gas secara elektronik. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*