Salah Memperlakukan SmartKey, Bisa Putus Hubungan dengan Motor

0
baterai smartkey cepat habis
Tekan tombol pada remote smart key sampai lampu indikator warna merah menyala biar battery tetap awet. Foto: Afid

NaikMotor – Motor lansiran terbaru ada yang sudah dilengkapi dengan smartkey. Namun, ternyata tidak semua konsumen memperlakukan smartkey dengan baik, sehingga baterai smartkey cepat habis, bahkan aki motornya juga.

Saat ini hampir semua pabrikan otomotif roda dua menyematkan smartkey pada produk lansiran terbarunya. Selain lebih modern, smartkey diklaim bisa meminimalisir dari kejahatan maling motor.

Namun, beberapa konsumen mengeluhkan jika baterai remote smartkey dirasa cepat habis. bahkan ada yang baru berumur 6 bulan. Dalam hal ini, Timbul Suwardi selaku Kepala Bengkel AHASS Wahana Honda Gunung Sahari menjelaskan penyebab dari baterai remote cepat habis.

smart key honda vario

“Konsumen masih banyak yang belum paham cara menggunakan smartkey yang benar dan menggampangkan langkah-langkah yang sudah diinformasikan oleh pihak diler. Langkah yang sering terlupakan oleh konsumen adalah jika setelah selesai berkendara, konsumen hanya memutar tuas smartkey di motor namun tidak menekan tombol berlogo kunci hingga indikator menyala merah.”

“Akibatnya, jika motor sudah dimatikan dan tuas smartkey di motor sudah diputar dalam posisi OFF namun tidak diteruskan dengan menekan tombol di remote hingga lampu indikator warna merah menyala, antara sensor remote dan sensor yang ada di motor masih menyala dan ini yang membuat baterai remote cepat habis. Bahkan jika terlalu sering bisa mengakibatkan aki sepeda motor juga cepat habis,” imbuh Timbul.

Nah, bagi sobat naikmotor.com yang sudah memiliki sepeda motor dengan sistim smartkey, baiknya jangan lupa untuk menekan tombol di remotenya hingga menyala lampu indikator berwarna merah agar baterai remote dan aki tetap awet.

Jika ingin mengetahui lebih detail tata cara penggunaan smart key mulai dari menghidupkan mesin motor hinggga mematikannya bisa di simak artikel naikmotor.com sebelumnya di https://naikmotor.com/150098/masih-bingung-sama-cara-pakai-smartkey-honda-vario150-ini-caranya. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here