Alasan Yamaha MotoGP Pindahkan Lubang Tangki M1 ke Belakang

0
Nakasuga-Fueltank-Yamaha- M1-2016
Test rider Yamaha MotoGP, Katsuyuki Nakasuga menguji YZR-M1 yang memindahkan lubang pengisian BBM ke bagian belakang. Foto: Yamaha

Tokyo (naikmotor) – Yamaha MotoGP sudah mulai intens melakukan tes pada YZR-M1. Ada yang cukup menarik untuk diperhatikan, yaitu letak lubang pengisian bahan bakar minyak pada motor tersebut. Jika biasanya lubang tangki bbm terdapat di antara jok dan panel dashboard, sekarang letak lubangnya terdapat di bagian belakang.

Perubahan ini disinyalir untuk mengakali perubahan besarnya tangki bahan bakar yang bertambah sebanyak 2 liter jadi total 22 liter. Sebelumnya, motor yang masuk dalam kategori factory bike, hanya dijatah 20 liter bahan bakar. Sementara motor di kategori open class mendapat jatah 24 liter.

Ada beberapa alasan teknis pengubahan posisi lubang pengisian bahan bakar di tangki motor milik Yamaha M1. Selain karena mengakali penambahan kapasitas tangki, juga untuk tidak mengganggu konfigurasi dan desain yang sudah pas untuk bagian depan motor.

“Ini berpengaruh pada geometry motor menggunakan ban dari Michelin. Pastinya butuh sedikit spasi buat menempatkan bahan bakar lebih. Kami juga belum memutuskan bakal menggunakan konfigurasi seperti itu. Yang jelas ada tambahan bahan bakar dan ini membuat kami intens melakukan pengetesan konfigurasi seperti ini,” klaim Wilco Zeelenberg, manajer tim di kubu Jorge Lorenzo.

Zeelenberg juga menegaskan bahwa mengakali perubahan regulasi sekarang, cukup tricky. Apalagi di motor Yamaha M1 mereka sangat konsen dengan porsi airbox, yaitu ruang untuk mengalirkan udara. Untuk membuat sirkulasi udara di dalam fairing-nya tak terganggu. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here