Menjajal Performa ZX-25R di Sentul, Sesuai Harga

0
42
menjajal performa ZX-25R
Kesempatan menjajal performa Kawasaki Ninja ZX-25R, dapat hingga 174 km/jam. Foto: Januar

NaikMotor – Kawasaki Ninja ZX-25R memang fenomenal dan performanya tak diragukan lagi. DItambah beberapa fitur yang mendukung membuat sportbike 250cc 4-silinder ini pantas dibanderol Rp 100 jutaan alias sesuai harga.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengundang beberapa media dan vlogger untuk menjajal atau tes ride performa Kawaski Ninja ZX-25R di sirkuit Sentul, Jawa Barat (15/7/2020).

Suasana tes ride Kawasaki ZX-25R. Foto: Firdaus Ali

Saat pertama memasuki paddock dan melihat aura ZX-25R, naikmotor.com langsung tak sabar untuk menaiki dan menjajal performa mesinnya. Bukan tanpa alasan, sportbike 4-silinder ini merupakan terobosan baru untuk market Indonesia di kelas motor 250cc berfairing.

Tipe yang akan dicoba adalah ZX-25R ABS-SE. Saat pertama mencoba posisi duduknya, terbilang nyaman. Begitu juga posisi berkendaranya. Saat mesin dinyalakan dan tak lama kemudian digeber, suara ‘menjerit’ langsung terdengar. Tarikan awal mesin terasa halus namun galak. Perpindahan gigi juga terasa mudah dan halus berkat teknologi Kawasaki Quick Shifter (KQS).

ZX-25R mempunyai bobot 182 kg. Namun, motor ini terasa enteng saat diajak meliuk-liuk di lintasan Sentul. Kemudian, saat melakukan cornering motor juga mudah dikendalikan berkat pengunaan teknologi horizontal back-link rear suspension serta Kawasaki Traction Control (KTRC).

Saat di lintasan lurus, kesempatan saya untuk mencoba top speed dari sport bike 4-silinder ini. Hasilnya, saya bisa meraih angka 174 km per jam, di bawah klaim KMI sebelumnya yaitu 187 km per jam. Sebagai catatan, hasil top speed beragam. Tentunya dipengaruhi berbagai faktor seperti suhu, kelembapan udara, karakter riding, lintasan serta bobot pengendara.

Menikmati ZX-25R sepertinya belum puas, namun panitia sudah memberikan kode bendera untuk satu lap putaran terakhir. Sesaat sebelum memasuki paddock, saya sengaja berada di kecepatan 70 km per jam dan kemudian mencoba teknologi ABS dari motor ini. Hasilnya, motor berhenti dengan sempurna.

Sebagai informasi, Kawsaki ZX-25R mengusung mesin 249,8 cc 4-silinder segaris DOHC 16 valves dikombinasikan dengan 6-percepatan. Dimensinya (PxLxT) 1,980 x 750 x 1,110 mm. Pada bagian kaki-kaki, ZX-25R mengusung roda depan berukuran 110/70R17 dan roda belakang 150/60R17.

Kawasaki ZX-25R tersedia dalam 3 pilihan warna, hitam, hijau, dan biru. Untuk harga, motor ini dibanderol Rp 112,9 juta untuk tipe ABS-SE serta Rp 96 juta. Keduanya merupakan harga OTR wilayah Jakarta. (Daus/Prob/NM)

menjajal performa ZX-25R

LEAVE A REPLY

*