Honda All New Forza350, Big Scooter Era Baru Muncul di BIMS 2020

0
122
All New Forza350
Honda meluncurkan All New Forza350 di ajang Bangkok International Motor Show 2020. Foto: Honda

NaikMotor – AP Honda mencoba merangsang pasar kelas skutik premium di Thailand dengan meluncurkan All New Forza350 di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) ke-41, Selasa (14/7/2020). Dibanderol sekitar Rp 80 jutaan, big scooter era baru ini tersedia dalam empat pilihan warna.

Setelah sekian lama diduga-duga akan menggantikan Forza 250/300 tetapi ternyata kehadiran Honda Forza 350 2020 justru memasuki segmen atas, yakni skuter matik grand touring (GT). All-new Forza350 dikembangkan dengan konsep “Only For The Greatest karena hanya ada satu”. Dilengkapi dengan mesin 330 cc 4-katup eSP, yang memiliki daya gesek rendah untuk pembakaran  lebih efisien serta memberikan kinerja tinggi melalui katup roller pada transmisi Unicam juga meningkatkan akselerasi dengan  penambahan balancer shaft pada crankshaft.

Menurut Shigito Kimura, Chairman Executive AP Honda Company Limited, tahun ini adalah tahun tantangan bagi industri sepeda motor Thailand. “Situasi coronavirus Covid-19 memiliki dampak yang jelas pada Industri sepeda motor Thailand Jumlah kendaraan terdaftar pada semester pertama tahun ini adalah 733.722 unit, terhitung 82% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara Honda mencatat 572.989 unit di semester pertama ini, turun di periode yang sama dari total pasar. “

Kimura juga menambahkan bahwa di paruh kedua tahun ini trend pasar masih akan sulit diprediksi. “Jika situasi keseluruhan negara membaik secara bertahap dan tidak ada faktor negatif tambahan, angka registrasi untuk tahun ini mungkin mencapai 85% dibandingkan tahun sebelumnya.”

Soal peluncuran All New Forza350, Kimura mengungkapkan bahwa Honda sebagai pemimpin pasar siap untuk  merangsang kembali industri sepeda motor Thailand. “ Dimulai dengan peluncuran All-new Forza350, yang pertama di dunia di Thailand. Dengan mesin baru, eSP +, yang memberikan kekuatan superior untuk menjawab kebutuhan orang-orang yang menyukai skuter dengan kinerja tinggi,sementara bodinya dirancang dengan meningkatkan aerodinamika untuk memberikan nilai sporty dan kemewahan melebihi siapa pun. Ini adalah sepeda motor yang akan mengubah arah pasar Big Scooter Thailand ke era baru. “

Sementara fitur kenyamanan lainnya diperbaharui seperti windshield dengan adjuster elektronik hingga 150mm, hazard, iluminasi LED, ABS dua kanal, port USB, dan smart keyless masih menjadi fitur standar 350.

Tetapi penampilannya memang agak berbeda, dengan panel bodi menajam, dan ram air intake lebih besar, LED alis kini lebih tebal. Demikian dengan ukuran spion juga lebih besar dengan desain sein berbeda. Sedangkan charger port tidak lagi hanya cigarette lighter tetapi sudah USB port. Sementara lampu belakang kini dengan fitur emergency stop lamp.

Pada bagian mekanikal, selain mesin sudah lebih besar, 329 cc, radiator pendingin rupanya sudah dipindahkan ke bagian depan. Knalpotnya selain berukuran lebih besar juga posisi silincer lebih meninggi.

Honda All New Forza 350 akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp 79,5 jutaan dalam empat warna: hitam, putih-biru, merah-hitam dan warna Biru-Hitam.(Afid/nm)

Laporan Komar Johari

LEAVE A REPLY

*