Sepeda Motor Pertama Honda, Mirip Sepeda Oemar Bakrie

0
87
Sepeda motor Honda Type A 1948. Foto: Istimewa

NaikMotor – Soichiro Honda merupakan founder produsen otomotif raksasa Honda. Sepeda motor pertama Honda karyanya mirip sepeda onthel milik Oemar Bakrie di lagu Iwan Fals.

Setahun setelah Jepang luluh lantah akibat hantaman bom nuklir. Soichiro Honda terinspirasi untuk membuat kendaraan yang kecil dan ringkas untuk menyelip di antara reruntuhan gedung-gedung akibat bom nuklir. Pada tahun 1946 terciptalah Honda Type A.

Seperti dilansir dari Honda Worldwide, mesin Honda Type A awalnya menggunakan mesin generator bekas tentara Kekaisaran Jepang. Baru setahun kemudian disempurnakan dan dijual dengan merek Honda.

Soichiro Honda dan Sepeda Motor Honda Type A. Foto: Istimewa

Mendapat respon positif dalam penjualannya, Soichiro Honda memutuskan mendirikan Honda Motor Co., Ltd di Hamamatsu pada tahun 1948 untuk memenuhi kebutuhan transportasi murah di Jepang pasca perang.

Cara naikmotor saat itu juga sangat berlainan dengan yang ada sekarang. Pertama-tama mesih harus dipanaskan dengan api dan digenjot minimal 30 menit, baru mesin bisa digunakan namun tetap saja laku keras, dan kapasitas produksi saat itu 1 unit lebih dalam 1 hari. Dalam setahun, 500 buah habis.

Seiring perjalanan waktu, Soichiro terus mengembangkan mesin sepeda motor dan berhasil menciptakan sepeda motor yang dinamakan Dream D, setelah membuat mesin A, B, dan C. Motor buatan Soichiro ini adalah mesin 2 tak dengan 98 cc dan kecepatan maksimum hanya 50 km/jam. (Daus/Prob/NM).

Foto: Istimewa

LEAVE A REPLY

*