Begini Cara Nyaman dan Aman Pakai Masker Saat Motoran

0
101
tips memakai masker
Petugas Polisi memakaikan masker kepada pengendara motor. Foto: Firdaus Ali

NaikMotor – Menggunakan masker sudah menjadi bagian New Normal. Untuk itu Wahana membagikan tips memakai masker agar tetap nyaman dan aman saat berkendara. 

Penggunaan masker selain melindungi diri dari virus, masker juga bisa menghalau debu dan polusi agar tidak terhirup. Bagi pengendara motor, selain melindungi diri dari virus corona, masker yang tepat juga bisa melindungi diri dari debu dan asap kendaraan motor yang berlebih.

Masker memiliki beragam pilihan berdasarkan bahan, bentuk, dan daya tahan.  Agar masker berfungsi optimal, begini beberapa tips memakai masker dari Wahana untuk para pengendara:

  • Gunakan masker berbahan nyaman
    Pastikan masker yang anda beli memiliki bahan paling nyaman bagi anda. Sebaiknya, jangan membeli jenis masker tertentu hanya agar terlihat keren, ya. Saat ini, masker berbahan kain bisa dipilih karena dapat digunakan berkali-kali. Setelah dipakai, bisa dicuci dan dipakai lagi.Selain bahannya, pilihlah masker yang sesuai dengan bentuk wajah, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
  • Pastikan posisi masker sudah tepat
    Pastikan memakai masker pada posisi yang benar. Normalnya, masker akan menutupi bagian mulut dan hidung, sementra tali masker dikaitkan di daun telinga.Apabila jenis talinya yang bisa diikat sendiri, pastikan untuk tidak mengikat terlalu ketat agar tidak merasa pusing jika digunakan dalam waktu yang relatif lama.
  • Jangan gunakan masker untuk gaya-gayaan saja
    Kegunaan utama dari masker adalah untuk melindungi diri dari partikel-partikel udara dari luar. Sehingga, bentuk masker yang tidak biasa dikhawatirkan tidak ada gunanya untuk menghalau unsur-unsur partikel virus atau debu dari luar.Dianjurkan pilih masker yang normal, dan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan agar masker yang dipakai bisa berfungsi secara optimal untuk menghindari virus, bakteri, debu, dan polusi udara. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*