Indian Motorcycles Hadirkan Jok Berpemanas Sekaligus Berpendingin

0
29
ClimaCommand Classic
FotO: Canada Moto Guide

NaikMotor – Indian Motorcycles menghadirkan jok motor dengan sistem kontrol iklim bawaan dengan nama ClimaCommand Classic. Konsep pemanas dan pendingin jok dibuat agar motoris bisa berkendara dengan nyaman saat cuaca panas atau dingin. 

Jok yang dilengkapi pemanas mungkin sudah sering didengar, tapi bagaimana dengan jok motor yang dilengkapi pendingin? Indian Motorcycles telah mempublikasikan jok inovatif dengan pendingin dan pemanas sekaligus. Pendingin pada jok motor berfungsi agar perjalanan pengendara tetap terasa nyaman saat berkendara di tengah cuaca yang panas dan sebaliknya.

Dilansir dari canada moto guide, jok bernama ClimaCommand Classic memiliki 3 komponen utama. Pada Pemanas dan Pendingin Jok Indian tersebut terdapat modul thermoelectric, pompa dan salurannya, serta Graphene bahan lapisan dalam jok untuk menyebar panas atau dingin.

Modul thermoelectric tugasnya untuk menghasilkan efek thermoelectric, yaitu bahan semi konduktor yang berbeda sifat yang jika dialiri listrik akan menghasilkan panas pada salah satu sisi dan menyerap panas pada sis lainnya. Pompa akan difungsikan tergantung sisi mana yang akan digunakan. Selanjutnya panas/dingin akan disalurkan ke lapisan Graphene.

“Karena Graphene terbuat dari 100% karbon atomik sehingga lebih merata menyalurkan panas/dingin pada lapisan jok,” seperti yang dijelaskan pabrikan Indian dalam release-nya.

Saat ini, jok ClimaCommand Classic hanya tersedia untuk model motor Indian yang berbasis mesin Thunderstroke 116. Fitur baru ini datang dengan kontrol terpisah untuk pengendara dan penumpangnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*