Tertarik untuk Memasang Box Motor? Pastikan Hal-Hal Berikut ini

0
152
memasang box motor
Givi menghadirkan varian konsol box terbaru di Intermot 2016. Foto: Givi

NaikMotor – Setelah membahas tentang guna atau fungsi dari memasang box motor, kali ini Wahana membagikan informasi tambahan mengenai apa saja yang harus diperhatikan sebelum pemasangan agar tidak asal dan malah tidak sesuai. 

Sebelumnya, NaikMotor sudah membahas mengenai kegunaan box motor dan fungsinya yang diinformasikan oleh Wahana selaku main dealer sepeda motor Honda. Jika motoris tertarik, simak penjelasan di bawah ini mengenai hal-hal yang harus diperhatikan untuk pemasangan box motor agar aman, nyaman, dan sesuai.

Pemasangan box motor bisa membuat sepeda motor semakin fungsional dengan tambahan area penyimpanan.  Tetapi, sebelum memasang box, alangkah baiknya untuk memahami hal-hal yang harus diperhatikan agar box tidak malah menjadi beban pada motor.

memasang box motor
Ragam box motor Shad dengan berbagai ukuran Shad. Foto: Yudistira

Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum pemasangan box motor:

  • Sebaiknya beli box yang bermerk.
    Menurut Wahana, pastikan box motor yang akan dibeli bermerk atau setidaknya memiliki reputasi yang baik dalam hal durability dan kualitas. Jangan mudah terhasut harga murah. Uang yang diinvestasikan pada box motor berkualitas bisa dirasakan manfaatnya dalam sekejap dan waktu yang lama.Box berkualitas tinggi tentu akan jauh lebih awet dan lebih aman untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama.
  • Pastikan bracket sesuai
    Jangan paksa memasang bracket yang spesifikasinya tidak sesuai dengan box anda karena bisa berakibat fatal. Jika bracket tidak sesuai atau pas, box akan berisiko terjatuh saat terjadi guncangan. Hal tersebut bisa membahayakan diri anda sendiri maupun pengguna lalu lintas di belakang anda.Bila motoris berencana untuk memasang box sendiri, pastikan juga untuk membeli paket bracket yang sesuai. Biasanya, box hadir dengan pasangan bracketnya, jadi tinggal disesuaikan saja.
  • Pastikan motor sesuai dengan boxnya
    Pastikan box yang akan dibeli sesuai dengan keadaan motor. Jika sepeda motor berukuran kompak lebih baik tidak tidak perlu dipasang box apalagi jika kapasitas box lebih besar dari 3 kg, karena bisa membahayakan. Handling akan menjadi tidak karuan dan berat motor jadi tidak seimbang sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan.Fenomena ini sering dijumpai karena menurut Wahana masih banyak motoris yang memaksakan box muat ke motor yang tidak sesuai kapasitasnya. Misalnya saja seperti motor matic kecil dipasang box motor puluhan liter yang tentunya tida sesuai dengan spesifikasi sepeda motornya.

Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan dan memperhatikan faktor keselamatan dalam pemasangan box motor, ya. Jangan hanya memasang box untuk terlihat keren dan gagah saja karena keselamatan itu nomor satu. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*