Restorasi Vespa, Pakai Part Ori Atau Lokalan?

0
357
Eliazard Vespa
Deretan Vespa lawas. Foto: Firdaus

NaikMotor – Restorasi Vespa lawas biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terutama untuk part orisinil. Namun jika ingin menghemat biaya, bisa juga menggunakan part “lokalan.”

Restorasi Vespa lawas biasanya menghabiskan biaya besar. Penyebabnya karena terbatasnya suku cadang yang notabennya mayoritas sudah tidak diproduksi lagi. Bahkan acapkali pemilik Vespa lawas sampai harus berburu suku cadang di luar negeri.

Agung, salah satu team dari Eliazar Scooter Work menjelaskan bahwa merestorasi Vespa lawas memang biayanya besar, namun bisa ditekan dengan hanya memperbaiki komponen yang rusak. Dengan cara ini, pemilik Vespa lawas bisa menekan biaya agar lebih hemat.

Jok orisinil Vespa
Jok orisinil Vespa ‘P’ Series yang harganya mencapai Rp 4 juta. Foto: Firdaus

“Kalo budgetnya no limit sah-sah saja merestorasi total Vespa lawas, namun kalo budget terbatas ya harus sabar, salah satu caranya perbaiki aja dulu komponen yang sudah rusak dan memang sudah tidak layak pakai. Itupun kalo orisinil harganya juga lumayan.”

Agung menambahkan, mayoritas part Vespa memang sudah tidak diproduksi lagi, namun saat ini di Indonesia sudah banyak yang menjual part “lokalan” di market.

Handgrip orisinil Vespa
Handgrip orisinil Vespa yang harganya dikisaran Rp 300 ribuan.

“Banyak part lokalan, seperti handgrip, karpet untuk Excell, kampas rem, serta lampu-lampu sudah dijual di market. Namun ya pasti ada kekurangannya, semisal handgrip, kalo yang lokalan harganya paling kisaran Rp 50 ribuan, tapi kualitas karetnya keras, dan juga pegangganya kurang enak.”

Berbeda dengan part lokalan, part orisinil memang susah didapatkan, bahkan sampai ada yang harus order dari luar negeri.

Karpet Vespa Lokalan
Karpet Vespa lokalan biasanya kurang presisi saat dipasang.

“Kalo part orisinil harganya jauh lebih tinggi dibandingkan part lokalan, untuk barang-barang tertentu, seperti emblem untuk Excell 200, baut lobo. Untuk handgrip Vespa jenis Sprint atau Super, harga orisinilnya mencapai kisaran Rp 300 sampai 400 ribuan.”

“Semua tergantung budget dan selera untuk restorasi Vespa. jangan memaksakan, yang terpenting Vespa bisa diajak riding dan mesin sehat. Jika memang ingin merestorasi total, baiknya beli part orisinil dengan bertahap supaya tidak merasa boncos. Namun jika tidak fanatik barang orisinil bisa memakai part “lokalan” tutup Agung. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*