Harley-Davidson Siapkan Sistem Self-Balancing Biar Tidak Gubrak Saat Pelan

0
Harley-Davidson Self Balancing
Foto: visordown/motoblog

NaikMotor – Pabrikan asal Milwaukee ini menyiapkan sistem keselamatan dan kenyamanan pengemudinya saat berkendara. Ketika paten Harley-Davidson self balancing terekspos ke publik. 

Harley-Davidson self balancing tengah dikembangkan untuk diterapkan pada produknya nanti. Sistem yang mereka rancang mampu membuat motor lebih seimbang di momen-momen rawan seperti pada saat manuver dengan kecepatan yang rendah, saat tidak memungkinkan untuk menurunkan kaki, dan untuk berhenti sebentar saat lampu merah.

Dilansir dari motoblog, untuk mengatasi masalah jarak wheelbase, low seat, serta susahnya mengontrol kecepatan rendah terutama bagi pemula, pabrikan moge asal Amerika Serikat ini tengah mengembangkan sistem self-balancing.

Sistem Self-Balancing
Foto: visordown/motoblog

Sistem keseimbangan pada kecepatan rendah itu mengandalkan perangkat giroskop dan didukung roda gila yang berat. Giroskop akan membaca kemiringan sepeda motor saat kecepatan rendah dan memutar motor listrik roda gila yang saat difungsikan akan berputar antara 10-20 ribu rpm. Sehingga akan terjadi gaya anti gravitasi.

Sementara pada kecepatan tinggi sistem keseimbangan itu akan berhenti bekerja. Keseimbangan dikembalikan pada efek giroskop alamiah ketika roda berputar. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here