MotoGP Italia 2020 Batal, Pertama Kalinya dalam 30 Tahun

0
92
MotoGP Italia
Sirkuit Mugello. Foto: MotoGP

NaikMotor – Tahun ini MotoGP Italia resmi ditiadakan. FIM, IRTA dan Dorna Sports mengumumkan hal tersebut dengan berat karena selama ini Mugello selalu menjadi tempat yang sangat berkesan setiap tahunnya. 

Setelah sebelumnya sempat ditunda karena pandemi Covid-19, FIM, IRTA, dan Dorna Sports secara resmi mengumumkan bahwa Grand Prix di Autodromo Internazionale del Mugello, Italia tahun ini terpaksa dibatalkan.

Sejak pertama kali menjadi tuan rumah MotoGP pada 1976, hingga menjadi permanen pada 1991, tahun ini menjadi sejarah pertama kalinya dalam 30 tahun di mana MotoGP tidak digelar di trek Turscan. Grand Prix di Mugello selalu berhasil menghadirkan balapan yang luar biasa dan antusiasme penontonnya selalu tinggi.

“Terlepas dari upaya bersama yang dilakukan untuk menemukan solusi praktis, ketidakmungkinan menggelar acara yang terbuka untuk penonton, serta kesulitan dari situasi luar biasa ini, belum memungkinkan kami untuk menentukan tanggal baru Grand Prix Italia,” ujar CEO Sirkuit Mugello, Paolo Poli.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar yang telah mendukung dan mendorong kami selama bulan-bulan ini. Kami mengundang mereka kembali ke Mugello pada tahun 2021 untuk melihat yang akan terjadi seperti biasa sebagai acara paling ikonik di musimnya.”

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpelata juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada penggemar yang mau mengerti karena keadaan sehingga tidak memungkinkan MotoGP Italia digelar tahun ini.

“Dengan berat hati kami mengumumkan pembatalan Mugello. Sayangnya, kami tidak bisa menemukan solusi untuk masalah logistik dan operasional yang terjadi akibat pandemi ini dan penataan ulang kalender untuk memungkinkan kami datang ke venue musim ini.  Ini merupakan kehilangan besar karena Mugello adalah salah satu sirkuit terindah di dunia dan kami sangat bangga menyebutnya rumah Grand Prix Italia,” tutur Ezpelata.

“Atas nama Dorna, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar atas pengertian dan kesabaran yang telah mereka tunjukkan saat kami menunggu situasi membaik. Kami sangat menantikan untuk kembali ke Mugello musim depan untuk balapan akhir pekan yang menakjubkan,” tutupnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*