Tes MotoGP: Marquez Uji Mesin Baru, Redding Nyaman Pakai Ducati

0
129

Marquez-Tes-Mesin-RC213V-MotoGP-2016
Marc Marquez menguji mesin baru spesifikasi 2016 sekaligus menjajal perangkat elektroniknya di Jerez. Foto: Repsol Honda

Jerez (naikmotor) – Hari kedua pelaksanaan sesi tes privat MotoGP akhir tahun 2015 di Jerez, Spanyol pada Kamis (23/11/2015), menjadi momentum yang tidak disia-siakan oleh duo pembalap Repsol Honda. Marc Marquez yang tampil kuat pada hari pertama, semakin mantap di hari kedua.

Ia mampu menjadi pemuncak lap tercepat dengan dengan 1:39.57. Pembalap asal Spanyol dengan dua titel juara dunia kelas MotoGP itu menggunakan spek mesin baru di hari kedua. Namun kali ini dengan konfigurasi sistem elektronik dari Magnetti Marelli yang akan mereka gunakan tahun 2016 nanti.

Hasilnya tentu sangat memuaskan, kendati Marquez sendiri belum mencari performa motornya secara keseluruhan. Paling tidak sudah ada bukti bahwa mereka bisa tampil kompetitif dengan setup awal mereka terapkan di motor.

“Jujur saja, sepanjang hari kedua menjalani sesi tes, saya hanya menggunakan software dari Magnetti Marelli yang akan kami gunakan tahun depan. Sama sekali tak menggunakan software dari Honda, karena ingin fokus pada riset. Hanya saja saya membandingkannya dengan dua mesin yaitu 2015 dan 2016, mereka butuh setup yang benar-benar berbeda,” klaim Marquez.

Tidak jauh berbeda dengan Marquez, Dani Pedrosa juga menggunakan metode yang sama dalam melakukan pengetesan. Namun Pedrosa suadh memulai lebih dulu sejak hari pertama sesi tes di Jerez. Namun sayang, Pedrosa malah kebingungan dan sulit menemukan formulasi yang tepat untuk membuatnya lebih nyaman saat menunggangi motornya.

“Ada perubahan cara saya mengendarai motor di Jerez, menggunakan sistem elektronik dari Magnetti Marelli. Tapi yang masalah adalah karakter mesin baru itu sendiri yang justru belum ketemu. Sementara untuk ban, saya belum mencoba banyak hal atau pun ubahan. Jadi belum bisa komentar apapun tentang itu,” timpal Pedrosa.

Pembalap yang justru tampil mencengangkan adalah Scott Redding. Pembalap yang tahun lalu menggunakan Honda RC213V dan tertinggal jauh dari pembalap tim satelit lainnya itu, malah kompetitif menggunakan spek mesin Ducati GP15. Ia malah mampu tampil kompetitif ketimbang Michele Pirro yang sedang melakukan pengetesan Ducati GP16.

Kemudian disusul oleh Danilo Petrucci di urutan keempat pakai GP15 dan Hector Barbera di urutan kelima pakai GP14,2. Kelimanya mampu tampil dengan lap tercepat di bawah 1 menit 40 detik. Sementara Pedrosa malah menempati urutan keenam dengan lap tercepat di atas 1 menit 40 detik. (Spy/NM)

Hari kedua tes MotoGP Jerez:
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1:39.57
2. Scott Redding GBR Pramac Racing Ducati (Desmosedici GP15) 1:39.7
3. Michele Pirro ITA Ducati Team (Desmosedici GP16) 1:39.8
4. Danilo Petrucci ITA Pramac Racing Ducati (Desmosedici GP15) 1:39.9
5. Hector Barbera ESP Avintia Racing Ducati (Desmosedici GP14.2) 1:39.9
6. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1:40.10

LEAVE A REPLY

*