Tes MotoGP 2016 Jerez: Marquez Fokus di Ban, Pedrosa Riset Mesin

0
89

Marquez-Tes-Jerez-MotoGP-2016
Jelang MotoGP 2016, HRC mempercayakan Marc Marquez fokus mencari format karakter ban sementara Dani Pedrosa riset bagian mesin. Foto: Repsol Honda

Jerez (naikmotor) – Honda Racing Corporation (HRC) sepertinya tak ingin menyia-nyiakan kesempatan sempit sesi tes yang diperbolehkan untuk persiapan MotoGP 2016. Kedua pembalapnya pun berbagi fokus pengetesan, sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Marc Marquez dialokasikan untuk melakukan pengetesan ban. Tujuannya sangat jelas, agar Ia bisa mengerti karakter ban Michelin seperti apa, struktur ban yang mungkin bisa dimaksimalkan menggunakan RC213V dan sudut-sudut kelemahannya. Namun hingga akhir sesi pengetesan hari pertama, pembalap yang banyak kali mengalami insiden terjatuh di 2015 itu, masih belum mampu mengerti karakter Michelin secara detail.

“Sekali lagi saya katakan bahwa sebenarnya Michelin itu tidak bermasalah ketika digunakan. Tapi grip pada bagian tepinya, selalu membuat rasanya ingin kehilangan grip. Apalagi Jerez punya banyak tikungan berkarakter kecepatan tinggi, jadi sangat sulit mengetahui batas maksimal penggunaan ban ini,” ujar Marquez.

Lain Marquez, lain juga dengan Pedrosa. Pembalap berbadan mungil itu, dipercaya untuk melakukan riset pada kemampuan performa mesin Honda. Ia pun mencoba mesin baru 2016 yang bakal mereka gunakan.

“Kami tidak banyak bermain di setup sistem elektronik. Kami lebih fokus dengan karakter mesin yang akan kami gunakan. Kalau sudah tahu karakter mesin secara detail, kami baru akan melakukan setup lebih baik pada sistem elektronik untuk memperbaiki kiriman tenaga dari mesin ke roda,” klaim Pedrosa.

Pedrosa sendiri menambahkan bahwa karakter motor Honda memang selalu sulit tampil stabil saat masuk ke tikungan. “Itu sudah penyakit RC213V sejak dulu. Makanya kami fokus pada pengembangan di zona akselerasi yang lebih baik.”

Satu-satunya tim pabrikan yang memberikan persaingan pada tim Repsol Honda yang melakukan pengetesaan, adalah tim Ducati. Bersama test rider utama mereka yaitu Michele Pirro, mereka tampil dengan selisih yang tipis dari dup pembalap Honda di Atas.

Sementara pembalap yang menggunakan motor di kategori Open Class, juga merupakan pembalap Ducati yaitu Yonny Hernandez dan Eugene Laverty. (Spy/NM)

Hasil tes MotoGP Jerez:
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1:39.92
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1:40.12
3. Michele Pirro ITA Ducati Team (Desmosedici GP16) 1:40.2
4. Yonny Hernandez COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 1:41.2
5. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 1:41.8

LEAVE A REPLY

*