Rear Leaning ThreeWheeler Piaggio, Konsep Yang Dibalik

0
61
Rear Leaning ThreeWheeler Piaggio
Paten rear leaning threewheeler Piaggio, konsep MP3 terbalik tanpa kemudi. Foto: morebikes

NaikMotor – MP3, leaning threewheeler sudah melekat sejak 15 tahun lalu. Tetapi kini tengah diajukan paten Rear Leaning Threewheeler Piaggio, yang berkebalikan konsepnya.

Pada sketsa paten Rear Leaning Threewheeler Piaggio itu kini bagian belakangnya beroda 2, berkebalikan dengan MP3 yang beroda dua di depan. Memang bukan konsep baru sebab pada 1980-an, Honda sudah memiliki Gyro, kemudian ada BSA Ariel 3. Tetapi Piaggio tentunya menawarkan konsep berbeda, dengan klaim handling lebih mudah, dan kenyamanan konvensional lebih baik.

Rear Leaning ThreeWheeler Piaggio

Sebab, jika pada Gyro dan Ariel3, pada rangka tengahnya menjadi tautan sehingga kedua roda belakang dan mesim teyap tegak saat menikung. Namun, pada paten Paiggio, kedua roda belakang dan mesin leaning atau miring saat menikung.

Itu berkat gardan belakang dan sistem transmisi yang cukup kompleks pada desain Piaggio itu. Pada mesin tampak shaft atau kopel pendek dari CVT. Kopel tertaut pada diferensial gardan solid belakang. Sehingga gardan akan tetap serata permukaan jalan saat model menikung. Tetapi ada member suspensi yang parallel dengan gardan dan memegang roda pada bagian atas, sehingga roda ikut leaning. Kinstruksi dan cara kerja seperti paralleogram MP3, hanya saja tanpa komponen kemudi. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*