Ini Penyebab Motor Susah Distarter dan Lampu Redup

0
887
Kalau tetiba sepeda motor susah distarter dan lampu redup, jangan gelagapan dan dipaksa dinyalakan. Bisa jadi kelistrikan bermasalah
Kiprok pada sepeda motor. Foto: Istimewa

NaikMotor – Kalau tetiba sepeda motor susah distarter dan lampu redup, jangan gelagapan dan dipaksa dinyalakan. Bisa jadi kelistrikan bermasalah yang jika dipaksakan malah merusak komponen kelistrikan lainnya. 

Sistem kelistrikan pada sepeda motor punya peran penting, terutama yang sudah mengadopsi teknologi injeksi. Jika salah satu komponen kelistrikan bermasalah dan dibiarkan terlalu lama biasanya akan berakibat aki menjadi soak.

Selain aki, komponen penting kelistrikan pada sepeda motor adalah kiprok atau regulator rectifier. Secara fungsi kiprok perannya untuk menstabilkan dan menahan arus listrik yang dihasilkan dari sepul ke aki, sehingga arus yang masuk tidak terlalu besar atau kecil alias bisa terkontrol.

“Selain sebagai penahan arus, kiprok fungsinya sebagai penyelaras arus sebelum masuk ke aki. Arus dari sepul itu AC sebelum masuk ke aki difilter melalui kiprok kemudian diubah menjadi DC atau semi DC,” terang Iman, mekanik diler Honda di bilangan Ciputat.

Iman juga menjelaskan kerusakan pada kiprok bisa merugikan pemilik motor jika dibiarkan terlalu lama.

Mengecek sistem kelistrikan dengan Electrical Pocket Tester. Foto: Istimewa

“Kiprok yang sudah lemah atau rusak tentunya tidak bisa melakukan fungsinya. Hal ini mengakibatkan arus listrik mengalir bebas ke aki yang membuat aki gampang soak. Imbasnya timbul masalah lain, seperti starter yang susah, sampai lampu menjadi redup,” imbuhnya.

Motor susah distarter dan lampu yang tiba-tiba redup dan bahkan bohlam putus biasanya diakibatkan karena over charge, terutama saat motor digeber pada rpm tinggi. Agar kerusakan tidak menjalar, baiknya pemilik motor melakukan pengecekan fungsi kiprok saat melakukan servis berkala.

“Untuk standarisasi pengecekan pada sistem kelistrikan dari bengkel resmi, umumnya di AHASS kita menggunakan pocket tester digital,” tutup Iman. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*