Memilih Handgrip Sepeda Motor, Fashionable Atau Kenyamanan

0
57
Memilih handgrip motor
Handgrip Motor menjadi salah satu faktor kenyamanan berkendara. Foto: Istimewa

NaikMotor – Maraknya desain dan material handgrip aftermarket terkadang membuat pemotor lebih mementingkan fashionable daripada kenyamanan. Ini kiat memilih handgrip motor yang fashionable tetapi nyaman.

Modifikasi roda 2 bukan hanya warna dan desain motornya, komponen motor seperti handgrip juga bagian dari estetika desain modifikasi, seperti padu padan warna antara handgrip dengan body atau velg.

“Secara fungsi, memilih handgrip motor haruslah kenyamanan yang diutamakan, karena posisi handgrip ada pada tuas handle setang untuk gas dan menjaga keseimbangan. Meski terlihat sepele namun bisa berakibat fatal jika salah memilih handgrip,” terang Tony selaku pemilik salah satu toko Duta Variasi di bilangan Pamulang.

Handgrip berbahan aluminium memiliki desain menarik namun beresiko licin saat terkena keringat dari tangan. Foto: Istimewa

Tony juga menjelaskan pemilihan utama handgrip adalah disesuaikan dengan dimensi lubang setang agar tidak kendor yang bisa berkaibat saat memutar tuas gas tidak sesuai harapan.

“Pastikan dulu ukurannya sama dengan dimensi lubang setang biar tidak kendor. Kalo kendor nanti pas tarik gas bisa-bisa motor tak melaju karena handgrip tidak menempel maksimal pada setang. Bisa bahaya itu kalau sedang nyalip.”

Pilihan warna handgrip berbahan karet. Foto: Istimewa

Pilihan material handgrip saat ini beragam, mulai dari berbahan karet, busa bahkan aluminium dan karbon, tentunya juga dengan desain tekstur yang beragam pula.

“Kalo untuk motor harian bagusnya yang berbahan karet, selain awet juga tidak licin jika tangan berkeringat. Namun ada beberapa pilihan handgrip yang berbahan aluminium, biasanya yang beli pemilik moge karena biasanya pemilik moge juga punya sarung tangan dengan material yang bagus biar tidak licin,” tambah Tony.

“Jika berbicara modifikasi memang terkadang beberapa orang hanya mementingkan gaya fashion saja, kurang memperhatikan kenyamanan. Namun kami biasanya juga memberikan sedikit informasi produk handgrip kepada konsumen perihal material supaya tetap fashionable namun tetap nyaman digunakan saat berkendara,” tutup Tony. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*