Meminimalisir Karat Body Vespa Agar Tidak Meluas ke Bagian Lain

0
Meminimalisir Karat Body Vespa
Vespa Sprint orisinil. Foto: Firdaus Ali

NaikMotor – Bahan material body Vespa lawas terbuat dari besi, kuat namun akan beresiko terjadi karat. Jika sudah timbul karat, ada cara meminimalisir karat body Vespa agar tidak meluas.

Body Vespa yang terbuat dari besi memang rentan karatan jika sering terpapar air dan termakan usia. Untuk meminimalisir karat body vespa, ada cara mudah dan ringan yang bisa dikerjakan sobat naikmotor dari rumah.

“Biasanya bagian yang sering timbul karat terlebih dulu di body Vespa adalah bagian dek bawah, karena seringnya terkena air dan endapan kotoran. Selain itu yak arena termakan usia,” terang Giri selaku pemilik bengkel Vespa TEPEPA Performance.

Karat yang sudah kering, sebaiknya segera olesi dengan oli agar tidak meluas dan keropos.

Giri juga menjelaskan untuk mengantisipasi karat biar tidak meluas ke bagian lain body Vespa caranya dengan memperhatikan bagian atau sudut-sudut body vespa dengan seksama, baik yang sudah berkarat atau indikasi akan berkarat.

“Untuk body Vespa yang sudah terlanjur karatan, harus selalu dicek kondisinya jangan sampai kering. Karena jika dibiarkan kering terlalu lama imbasnya bisa keropos dan akan menjalar ke bagian lainnya. Untuk meminimalisirnya oleskan oli bekas ke bagian body yang sudah berkarat tersebut, diamkan beberapa menit kemudian bersihkan dengan kain lap.”

Bagian dek bawah biasanya rentan timbul karat.

“Selain itu, perhatikan juga sudut-sudut body vespa yang sekiranya terindikasi akan timbul karat, bersihkan bagian tersebut dan oleskan sedikit oli untuk mencegah karat semakin parah,” tutup Giri. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here