Jerez Gelar 2 MotoGP Sekaligus dan Tanpa Penonton, ini Alasannya

0
40
gp spanyol andalusia
Sirkuit Jerez. Foto: Box Repsol

NaikMotor – Dorna telah menyepakati digelarnya GP Spanyol dan GP Andalusia di Jerez pada bulan Juli mendatang. Kesepakatan tersebut telah ditetapkan setelah ketiga petinggi teratas bertemu. 

Carmelo Ezpelata dari Dorna telah mengadakan pertemuan dengan Wakil Presiden Pemerintah Andalusia, Juan Antonio Marin dan Mamen Sanchez selaku Dewan Kota Jerez. Dari hasil pertemuan tersebut, ditetapkan bawha kejuaraan dunia MotoGP 2020 akan menggelar 2 balapan berturut-turut pada 17-19 Juli untuk GP Spanyol dan 24-26 Juli untuk GP Andalusia di Circuito de Jerez – Angel Nieto.

“Ini adalah berita bagus dan kami ingin berterima kasih kepada Dewan Kota atas upaya yang dilakukan untuk mengupayakan tes ini, serta karena Dorna mempercayai kami. Dampaknya perayaan kedua acara piala dunia ini akan ada di Jerez. Satu akan menjadi Grand Prix Spanyol dan yang lainnya jadi Grand Prix Andalusia. Ini harus dipromosikan, karena memberikan citra Andalusia sebagai wilayah yang aman. Dengan liputan media internasional akan bergema dan hasilnya mungkin lebih besar dari biasanya. Memang benar bahwa tidak akan ada 80.000 penonton di sirkuit tetapi akan ada jutaan orang menonton di tv,” ujar Juan Antonio Marin.

Sementara itu, meski sedih rasanya menggelar GP dengan pintu tertutup alias tidak ada penonton, Mamen Sanchez mengakatan bahwa itu adalah keadaan yang terjadi sekarang dan mereka harus mengambil keuntungan dari kesempatan itu karena merupakan tawaran yang sangat penting. Dengan 2 minggu GP ditambah 1 Superbike, nama Jerez akan ada diseluruh dunia.

“Kami telah meminta pemerintah Spanyol untuk mengesahkan seluruh perangkat keselamatan dan kesehatan, meskipun tahun ini kami tidak akan dapat merasakan keramaian dari penggemar di tribun dan di jalan-jalan Jerez, kami akan memiliki promosi yang sangat peting dan kami akan berkontribusi sehingga sektor hotel memiliki tempat yang bisa ditempati saat itu,” ujarnya.

Meski protokol keamanan masih harus ditetapkan, seluruh tim yang berpartisipasi diharuskan datang ke Jerez pada awal bulan Juli atau sekitar 15 hari sebelum GP pertama dimulai, sampai pertengahan Agustus. Dorna juga mengumumkan bahwa mereka akan memberikan 10.000 tes untuk menguji sebelum, selama, dan setelah dipotongnya paddock jadi hanya sekitar 1.300 orang yang akan pergi ke trek Cadiz. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*