Pentingnya Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala Pada Motor Matik

0
Pentingnya Mengganti Oli Gardan
Pelumas transmisi atau oli gardan skuter matik penting diganti berkala, agar komponen tidak rusak. Foto: istimewa

NaikMotor – Pada motor matik selain oli mesin terdapat juga oli transmisi atau gardan yang perlu diganti berkala. Pentingnya mengganti oli gardan agar komponen transmisi tidak cepat rusak.  

Mengganti oli gardan sering kali terlupakan, bahkan parahnya ada yang tidak diganti dalam jangka waktu cukup lama. Akan sangat beresiko jika pergantian oli gardan tidak diperhatikan karena imbasnya akan merusak komponen transmisi.

 

“Fungsi oli gardan untuk melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada sistim transmisi otomatis,” terang Iman, salah satu mekanik diler Honda di Kawasan Ciputat.

Dijelaskan Iman pentingnya mengganti oli gardan tidak dilakukan sesuai aturan akan berakibat merusak komponen gear ratio.

“Indikasi awal terjadi kerusakan pada komponen gear ratio adalah timbul suara berisik pada boks CVT karena kekentalan oli berkurang, akibatnya terjadi gesekan antar komponen. Jika sudah rusak biayanya tidak murah. Baiknya oli gardan diganti setiap 8.000 km,” tambah Iman.

Harga untuk satu paket transmisi gear ratio motor matik bervariasi dan tidak murah, seperti untuk Honda Vario 125 dikisaran Rp 400 ribuan dan Honda Beat 110 Rp 300 ribuan. (Daus/Contrib/NM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here