Helm Bau Bikin Gak Nyaman? Ini Cara Penanganannya Ala Wahana

0
162
jenis helm
Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Helm merupakan barang wajib saat motoran. Tapi kalau bau, helm jadi tidak nyaman untuk dipakai, kan? Yuk simak cara menangani helm bau dari Wahana Honda

Pakai helm itu wajib! Mau jarak dekat ataupun jauh, bukan hanya karena takut ditilang, tetapi memang untuk menjaga kepala dari hal yang tidak diinginkan. Tapi kalau bau, jadi tidak nyaman dipakai. Oleh karena itu Wahana memberikan beberapa langkah untuk menghilangkan bau tidak sedap pada helm yang bisa dilakukan sendiri.

Pertama, kenali penyebab helm berbau. Beberapa penyebabnya antara lain adalah spons atau bagian dalam helm sempat basah, misal karena hujan dan tidak kering dengan maksimal. Jika demikian, furing dan spons akan menjadi lembab, lalu muncul lah bakteri penyebab bau tak sedap.

Kedua, disebabkan oleh keringat dan bau rambut si pengguna. Jika kebetulan ada seseorang yang akan menggunakan helm dan memiliki rambut dengan bau kurang sedap, otomatis saat mengenakan helm akan terjadi “transfer” bau yang akan langsung menempel dan terperangkap di bagian dalam helm.

Untuk cara menghilangkan bau pada helm, langkah pertama adalah mencuci bagian furing serta spons di dalamnya. Anda harus melepaskan semua bagian dalam helm untuk dicuci. Sedangkan untuk busa kerasnya bisa juga dicuci atau langsung dijemur di bawah sinar terik matahari. Perlu diketahui, sebaiknya jangan menyemprotkan pewangi atau parfum ke dalam helm, karena bekasnya dapat menghadirkan aroma lain saat bertemu dan bercampur dengan air atau keringat.

Terakhir, setelah mencuci bagian dalam helm, anda bisa melakukan perawatan menyeluruh pada batok helm dan visornya. Caranya sama seperti saat mencuci motor, dan saran dari Wahana adalah menggunakan shampoo khusus cuci motor agar warna helm tidak memudar. Setelah itu dikeringkan dan bisa ditambahkan pengkilap motor.

Untuk merawat visor, kurang lebih sama seperti pada batok helm, tapi jika dirasa visor tampak kusam, bisa menggunakan pasta gigi. Lalu jika baret, bisa menggunakan compound. Caranya adalah dengan mengoles dan mengusap compound secara merata pada bagian yang memiliki goresan, kemudian hapus bekasnya dengan menggunakan lap bersih. Setelah semua langkah selesai, pasang dan satukan semua bagian lalu simpan di tempat yang bersih dan tidak langsung terkena cahaya matahari. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*