Ducati Bakal Pertahankan Winglet di MotoGP 2016

0
112

Ducati-Winglet-MotoGP-2016
Melihat performanya yang menjanjikan tahun ini, Ducati akan tetap mempertahankan winglet di motornya. Foto: Ducati racing

Bologna (naikmotor) – Tim Ducati Corse rupanya tak ingin melakukan ubahan dengan signifikan pada paket aerodinamika motor mereka untuk MotoGP 2016 mendatang. Gianluigi Dall’Igna yang merupakan Direktur Teknis tim Ducati sudah menegaskan hal tersebut. Padahal Ia sudah meriset motor yang benar-benar berbeda dari senjata Ducati di 2015. Namun untuk urusan sayap atau winglet di fairing dan windshield-nya, tetap dipertahankan.

Alasannya sangat jelas, mereka sudah menggunakan komponen tersebut sejak beberapa tahun lalu. Dan memang ada manfaatnya, lantaran maksimalisasi akselerasi motor jadi lebih baik. Bagian depan turut ditekan oleh akiran udara, sehingga saat berakselerasi, ban depan tetap menapak dan bobot ban belakang terjaga sesuai beban.

“Sisi aerodinamika pada motor balap, adalah hal yang tidak begitu terpikirkan oleh banyak orang di zaman dulu. Makanya saya ingin fokus pada zona tersebut, tentunya digabungkan dengan pengembangan yang kami lakukan selama ini. Sistem ini membantu roda bagian depan jadi lebih berat saat akselerasi,” ujar Dall’Igna.

Mantan bos tim Aprilia tersebut menegaskan bahwa mungkin akan ada perubahan pada bagian winglet-nya. Namun bukan perubahan besar. “Hanya menyesuaikan dengan update performa dan desain motor,” lanjutnya.

Pria asal Italia itu menegaskan bahwa tahun depan kondisinya akan sangat berbeda. Selain karena pemasok ban diganti ke Michelin, juga karena ada penyeragaman ECU dan juga perubahan regulasi. Sehingga Ia sangat optimis bahwa tahun depan adalah kesempatan Ducati untuk meraih hasil terbaik di MotoGP. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*