Tim Satelit MotoGP Digaji Dorna Selama Pandemi Covid-19

0
19
Satelit MotoGP Digaji Dorna
MotoGP 2020 ditunda beberapa seri awal, sehingga tim satelit digaji Dorna. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Seperti janjinya minggu lalu, tim satelit MotoGP digaji Dorna Sport selama jeda musim 2020 akibat Corona. Bantuan promotor MotoGP itu totalnya sekitar Rp 160 Miliar, seperti dilansir autosport.com

Pekan lalu, Dorna menegaskan akan menawarkan bantuan keuangan kepada semua tim MotoGP independen. Tim-tim satelit MotoGP digaji Dorna Sport itu antara lain LCR, Pramac, Avintia, Petronas SRT, Tech3 dan Gresini Aprilia – serta tim di Moto2 dan Moto3. Total biaya paket, yang akan dikucurkan setidaknya untuk tiga bulan ke depan, setara dengan Rp 160 Miliar.

MotoGP 2020 hanya berhasil menggelar seri Qatar itupun hanya kelas Moto2 dan Moto3, selebihnya harus ditunda bahkan dibatalkan akibat merebaknya pandemi Covid-19. Seperti seri di Thailand, Amerika, Argentina, Spanyol (Jerez) dan Prancis semuanya ditunda. Menyusul GP Italia di Mugello pada akhir Mei dan balapan Catalan di Barcelona pada awal Juni juga akan ditunda.

Sejak penundaan balapan Jerez, Dorna belum mengeluarkan kalender baru dan saat ini sedang mengevaluasi semua opsi. Saat ini, tidak ada yang tahu kapan MotoGP akan mulai berjalan lagi dan seperti apa jadwalnya nanti.

Permasalahan finansial pun timbul, sebab Tim perlu berlomba untuk menghasilkan pendapatan, apakah itu berasal dari pemegang hak komersial itu sendiri atau – lebih penting – dari sponsor. Tanpa balapan saat ini terjadi, tidak ada pendapatan yang dihasilkan, dan tim masih memiliki staf untuk membayar selama waktu ini.

Saat ini, ada 11 tim bersaing di MotoGP. Ini terbagi menjadi lima tim pabrikan: Yamaha, Honda, Ducati, Suzuki, dan KTM. Enam lainnya tim ‘independen’: Petronas SRT Yamaha, Pramac Ducati, Avintia Ducati, Tech3 dan Gresini Aprilia. Yang terakhir adalah sedikit anomali, karena Aprilia adalah pendatang penuh di pabrik, tetapi telah berjalan bersama dengan pasukan Fausto Gresini sejak 2015 sebagai cara cerdas untuk memanfaatkan dorongan finansial yang didapat tim satelit dari promotor sebagaimana tertulis dalam peraturan.

Sehingga, Aprilia memenuhi syarat untuk langkah-langkah dukungan keuangan Dorna, seperti halnya KTM yang menarik karena itu – seperti Aprilia – ditetapkan sebagai pabrikan konsesi – yang merupakan pabrikan atau pabrikan baru yang belum pernah memenangkan MotoGP sejak 2013. Pembayaran pertama dilaporkan telah dilakukan minggu lalu. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*