Kenalkan BILKISS, Club Vespa Kaum Hawa dari Kota Batik Pekalongan

0
155
Terbukti di kota Pekalongan ada club Vespa yang semuanya beranggotakan perempuan bernama BILKISS Ladies Scoot Pekalongan.
BILKISS, Komunitas Vespa Perempuan Pekalongan. Foto: Hani

NaikMotor – Club Vespa ternyata tidak hanya didominasi oleh kaum adam Terbukti di kota Pekalongan ada club Vespa yang semuanya beranggotakan perempuan bernama BILKISS Ladies Scoot Pekalongan.

Kota Pekalongan bukan hanya terkenal sebagai kota batik, kota ini juga dikenal dengan harta karunnya Vespa Lawas orisinil. Di antara banyaknya Vespa orisinil yang beredar di sana, terdapat satu komunitas Vespa yang semuanya beranggotakan kaum hawa alias perempuan.

BILKISS (Bila Ingin Lari Kencang Ikuti Skuter Saya) adalah nama komunitas ladies scoot Pekalongan tersebut. Terbentuk pada bulan September 2018 yang beranggotakan 7 orang dan diketuai oleh Hanifia Asmaul Husna (Hani) yang menunggangi Vespa PTS 90cc lansiran 1976.

“Awal terbentuknya September 2018, kami melihat di kota Pekalongan belum ada komunitas Vespa khusus perempuan. Padahal banyak perempuan di kota ini yang mengendarai motor hariannya naik Vespa, termasuk saya,” terang Hani yang akrab disapa Onenk.

“Selain itu perempuan sering dipandang sebelah mata atau bahkan dinilai buruk jika ikut komunitas motor utamanya Vespa. Nah, BILKISS salah satu tujuannya ingin mematahkan stigma tersebut. Kendalanya paling kita belum bisa touring jauh bersama-sama, ya, maklum beberapa belum dapat izin orang tua atau suami. Masih riding sekitaran kota Pekalongan saja,” tutup Onenk.

Menariknya, meski beranggotakan semuanya perempuan, BILKISS juga punya bapak pembimbing dari Rajawali Vespa Club (RVC) yaitu Pak Budi. Keberadaannya sangat membantu anggota BILKISS dari sisi teknis memahami mesin Vespa, safety riding serta  networking dengan komunitas Vespa lainnya di Jawa Tengah. (Daus/Contrib/NM).

 

LEAVE A REPLY

*