Terinspirasi dari Motor 70-an, Konsep Honda CB-F Hadir dengan Model Retro-Modern

0
490
KONSEP HONDA
Konsep modern-retro untuk Honda CB-F. Foto: Honda

NaikMotor – Setelah dibatalkannya Tokyo Motorcycle SHow 2020 akibat Pandemi Covid-19, pabrikan berlogo sayap ini menggelar Honda Virtual Motorcycle Show, (27/3/2020). Pameran virtual itu menampilkan model naked terinspirasi dari model motor Honda CB yang eksis di tahun 70-80an, Konsep Honda CB-F hadir sebagai konsep retro yang dipadukan dengan nuansa modern. 

Konsep Honda CB-F dirilis dengan desain retro yang mampu membuat Anda jatuh hati. Konsep retronya dipadupadankan dengan desain modern, begitu juga sasis dan mesinnya.

Mengutip dari asphalt and rubber, yang menjadi inspirasi dasarnya adalah Honda CB1000R, sebagai model roadster berbasis superbike Honda CBR1000RR sejak dulu. Sementara untuk bodywork-nya disebut-sebut terinspirasi dari Honda CB900F yang populer di akhir tahun 1970-an sampai awal 1980-an.

KONSEP HONDA
Honda CB900F Super Sport tahun 1982. Foto: Hemmings Motor News

Dengan inspirasi ide dari CBR1000R untuk desain, mereka berhasil menyalurkan konsep retro-modern yang menarik. Honda CBR1000R disebut-sebut merupakan paket komplit motor karena solid, dan cocok untuk bereksperimen dengan desainnya.

Konsep dianggap sebagai model global dari Jepang yang berkontribusi pada solidifikasi sejarah 60 tahun CB series. Di Amerika Utara misalnya, CB750F (model ekspor: CB900F), adalah model dengan teknologi jauh terdepan pada masanya.

CB-F bermesin 998 cc 4-silinder segaris berpendingin air, 4-tak, DOHC, 4-katup, yang memiliki torsi tinggi dan bertenaga. Sementara frame menggunakan tulang punggung baja mono yang ringan dan kekakuan tinggi.

Untuk undercarriage dilengkapi dengan garpu USD di bagian depan yang memberikan kenyamanan yang sangat baik untuk jalanan kota.  Di bagian belakang dilengkapi swingarm cantilever proarm ringan.

Selain konsep CB-F, ada 29 unit sepeda motor dalam berbagai kategori, yang seharusnya tampil di Osaka Motorcycle Show ke-36 2020 dan Tokyo Motorcycle Show ke-47, namun karena wabah, kini tampil virtual di Honda Virtual Motorcycle Show. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*