Upgrade Honda ADV 150 Biar Makin Ngacir dengan Ubahan Ini

0
256
bore up mesin ADV150
Hasil olahan WorkFrom Home dari Sandy, hasrat turing, dan kecepatan berhasil dipenuhinnya. Foto : Istimewa

NaikMotor – Modifikasi ringan sebatas pasang aksesori pada Honda ADV150 sudah terlalu mainstream bagi pemotor doyan touring. Dipilihlah paket bore up mesin ADV150 biar lari makin ngacir

Tampaknya Sandy Augustian Muchsin sudah gerah melihat sosok skutik penjelajah Honda ADV150 lansiran 2019 yang standar. Paket dandan motor yang siap dibawa jarak jauh pun dimulai. Handguard khas motor supermoto, holder HP, box berkapasitas 43 liter menjadi aksesori pemanisnya.

bore up mesin ADV150
WFH pertama, hanya bermain diseputar CVT agar lebih galak.

Tetapi garapan utamanya menyentuh sektor dapurpacu untuk membuat performa makin meningkat. Sandy mulai bermain nakal dengan mengolah bagian perangkat mesin agar tarikan makin yahud. “Langkah awal yang dilakukan yaitu mempermak isi CVT yang menjadi kendala bagi ADV150 di putaran bawah. Bagian puli kemudian diubah sudut kemiringannya sebanyak 14°, diimbangi dengan mangkok yang dilubangi dan upgrade kampas ganda pantekan berserat lebih kasar. Otomatis  akselerasi ADV berasa lebih lepas begitu gas dipuntir sedikit, apalagi untuk keperluan riding dalam kota yang cenderung stop and go” terang Sandy yang juga memiliki Suzuki GSX-R150 ini.

Belum puas, Sandy yang juga seller sebuah pelumas khusus mesin di rumahnya terus berimprovsasi. Paket bore up dari BRT dengan block ceramic dijejali piston 63 mm, noken as T2 dan busi iridium serta knalpot racing ROB 1. “Kali ini menggandeng bengkel Griyo Motor di jalan Rempoa Raya, Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan untuk mengeksekusinya. Cara instan ini lebih gahar dibanding dengan merombak part engine standarnya, jadi kalau bosan bisa dikembalikan lagi, sih,” urai pria 3 anak ini.

bore up mesin ADV150
Pakjet bore up ADV 150, langsung bikin buncit perut silindernya.

Langkah optimalisasi terakhir yaitu upgrade otak pengapian dengan ECU Juken 5 Dualband produksi BRT. Menggandeng bengkel Motori Rumahnya Bikers di bilangan Green Gaerden, Kedoya, Jakarta Barat untuk mapping sekaligus sentuhan akhirnya. “Alhamdulillah tenaga dan ubahan yang dilakukan secara bertahap pada ADV150 ini, kini mampu berlari sampai 130 Km/jam,” pungkas member Honda ADV Indonesia ber-NRA 117. (Maleha/Contrib/NM)

Data Modifikasi Bore Up Mesin ADV150 :

Puli standar : Custom 14 derajat

Mangkok standar :  Dilubangi

Kampas ganda : Custom (pantekan)

Paket bore up BRT: piston 63 mm, noken as T2

Busi: iridium

Knalpot: ROB 1

ECU : Juken 5 BRT Dualband

Filter Udara : : Ferrox

Stoplamp : JPA

Jok : Custom

Mudguard : MHR

Windsield : Aftermarket

Lampu : Cree LX9

Belt, Per CVT : Standar ADV 150

Sandy Garage : 081283239047

LEAVE A REPLY

*