Paten Hayabusa Tersebar, Motor Legendaris akan Comeback dengan Fitur yang Belum Diungkap?

0
62
desain suzuki hayabusa
Suzuki GSX. Foto: motorcyclenews.com

NaikMotor – Paten Suzuki Hayabusa bocor. Hyperbike Suzuki itu sempat menghilang dari pasaran karena motor legendaris itu gagal memenuhi batas emisi Euro4. Apakah dalam waktu dekat akan kembali ke pasaran? 

Para insinyur Suzuki kabarnya sedang bekerja keras untuk benar-benar mengubah hyperbike mereka agar tidak menghilang untuk selamanya, yang mulanya diawali karena gagal memenuhi batas emisi Euro4.

Paten Suzuki Hayabusa belakangan ini telah mengisyaratkan tampilan dan teknologi terbaru lewat aplikasinya itu. Desain yang tersebar belum “bersih” tentunya. Tata letak engine dan coran/castings terlihat seperti di seri sebelumnya, hal itu mungkin dilakukan untuk menekan biaya pengembangan dan mempertahankan orisinalitasnya.

Dilansir dari motorcyclenews.com, sumber di Jepang mengatakan bahwa kapasitas akan ditingkatkan menjadi 1440 cc. Jalan ini diambil dalam upaya memenuhi regulasi emisi tanpa kehilangan kinerjanya. Tenaganya tetap sekitar 200 hp tapi kapasitas tambahannya akan meningkatkan torsi dan tumpangan.

Di antara paten baru, ada canister khusus untuk menampung uap bahan bakar lebih dan nanti di manfaatkan lagi saat butuh banyak. Knalpotnya juga didesain ulang dengan kotak kolektor di mana dua konverter katalitik bersembunyi.

desain suzuki hayabusa
Desain Suzuki Hayabusa. Foto: motorcyclenews.com

Kerangka baru terlihat lebih ramping, karena Hayabusa memang didesain untuk kecepatan yang tinggi. Ditambah adanya gearbox semi otomatis, akan menjadi kunci kenyamanan dan performa superbike Suzuki tersebut. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*