Roda Depan Marabese Blade Bike Dibuat Unik Agar Bisa Belok

0
277
Roda Depan Marabese
Marabese Blade Bike dengan 3 roda segaris, 2 roda depan didesain unik. Foto: Marabese

NaikMotor – Three wheeler Marabese Blade Bike berbeda dalam setup 2 roda depannya yang segaris. Begini cara kerjanya roda depan Marabese.

Roda depan three wheeler dari Italia ini memiliki konstruksi berbeda. Alih-alih kedua rodanya melintang sejajar, pada Marabese malah segaris.

Roda Depan Marabese

Roda depan Marabese konstruksinya mirip forkless, dengan lengan ayun. Seperti kemudi pada Bimota, dengan tie rod dan ball joint. Tetapi suspensinya diletakkan pada roda seperti Mc Pherson strut pada mobil tetapi dengan 2 roda sejajar.

Jadi berbeda dengan komstir triple clamp atau parallelogram seperti pada three wheeler lainnya: MP3, Yamaha Niken. Walaupun menggunakan komstir, tetapi itu menggerakkan tie rod agar kedua berbelok.

Roda Depan Marabese

Panjang tie roda pada kedua roda berbeda. Tie rod roda depan dibuat lebih panjang maka ketika belok sudut roda depan lebih besar terhadap roda tengah. Tujuannya agar roda tengah tidak terseret atau sebaliknya saat berbelok.

Marabese Blade Bike dirancang oleh Luciano Marabese. Pemilik rumah desain asal Italia ini bukan orang sembarangan sebab pernah dikontrak oleh pabrikan besar seperti Piaggio, Moto Guzzi, Moto Morini, Aprilia, Triumph Motorcycles Ltd, Gilera, Yamaha Motor Company, Bajaj, Daelin, dan Qingqi. Salah satu rancangannya adalah Piaggio MP3. Tetapi soal Blade Bike sepertinya masih sebagai konsep. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*