Kuyup, Debut Haslam dengan CBR1000RR-R Tak Tertahan, Ini Komentarnya

0
222
Leon Haslam uji sirkuit Jerez dengan Honda CBR1000RR-R
Leon Haslam tampil impresif di tes hari pertama WorldSBK 2020di Jerez. Foto: Speedweek

NaikMotor – Tes WorldSBK 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol hari pertama kemarin (22/1/2020) lalu dilanda hujan yang menyebabkan trek licin disertai hawa lembab. Namun hal itu tidak membuat Leon Haslam kehilangan performa dalam debutnya naik Honda CBR1000RR-R miliknya.

Di tengah cuaca dan kondisi sirkuit yang buruk, Leon Haslam yang memacu untuk pertamakalinya superbike Honda CBR1000RR-R menempati posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 52.149 detik. Haslam tetap bisa melaju kencang dan tidak ada satu orang pun yang mampu mendahului pembalap superbike nomor satu dari Inggris.

“Menjadi yang tercepat tentu saja menyenangkan, tetapi yang terpenting adalah kami bisa melakukan pengujian ketika hujan bersama Honda. Ini kali pertama kami dan saya merasa sangat positif. Meskipun saya nyaris tidak menekan penuh, saya berhasil mengatur waktu putaran ini dengan mudah,” senyum Haslam. “Aku melakukan tiga tugas dengan masing-masing lima putaran, kita bisa mencoba semua yang ingin kita uji dalam hujan. Tapi itu berbeda setiap saat: dari dingin dan basah ke setengah kering dan kondisi hujan besar,” ujar Haslam.

Pria berusia 36 tahun ini juga menambahkan bahwa ia sangat senang menjadi bagian dari proyek Honda dan semuanya berjalan lancar sesuai rencana. Haslan mengungkapkan bahwa kelemahan motor biasanya akan sangat terlihat saat hujan, terutama mengenai bagian krusial, seperti responsif mesin atau engine brake.

Sebelum bergabung dengan Honda, Haslam sempat bernaung dengan Kawasaki pada tahun lalu, apa perbedaan menurutnya? ” Honda mempunyai karakteristik sendiri dan sudah menjadi rahasia umum bahwa Honda memiliki kinerja mesin yang bagus. Sekarang,karakter mesin bisa sepenuhnya ditentukan oleh perangkat elektronik. Honda sudah cukup memlikinya yang dikembangkan oleh HRC, tinggal fine-tuning. Honda selalu memiliki sasis yang baik dan beberapa kekuatan,ketika sebuah perusahaan seperti HRC kembali ke kejuaraan, itu menarik banyak perhatian,” beber Haslan.(Litha/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*