Ini Langkah Jika Sepeda Motor Terendam Banjir

0
73
Sepeda Motor Terendam Banjir
Lakukan langkah pengeringan jika Sepeda Motor terendam banjir. Foto: Damar

NaikMotor – Tahun Baru 2020, wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah termasuk DKI Jakarta dilanda banjir sebab intensitas hujan tinggi. Ini langkah jika sepeda motor terendam banjir yang bisa dilakukan sendiri.

Amankan sepeda motor ke tempat kering. Pastikan motor dalam kondisi kunci kontak off dan posisikan motor dengan standar tengah.

Buka busi, periksa apakah silinder ruang bakar berisi air. Jika ya, miringkan motor sedemikian rupa agar air keluar. Kemudian, manfaatkan kick starter untuk membantu air keluar.

Pastikan karburator tidak berisi air dengan mengurasnya melalui baut pembuangan.
Pastikan knalpot juga tidak berisi air.

Periksa oli mesin, apakah sudah berubah warna seperti coklat susu. Jika ya, kuras dan bilas dengan 150cc oli baru, kalau bisa lakukan beberapa kali sampai yakin air tidak ada di ruang mesin. Isikan dengan oli baru sesuai rekomendasi pabrikan.

Pastikan ECU, aki, koil, busi, kepala busi dan kelistrikan lain dalam kondisi kering. Demikian dengan CVT pada skuter matik.

Periksa tangki bensin apakah berisi air, jika ya kuras. Isi kembali dengan bensin yang bebas air dan kotoran atau baru.

Cek kondisi filter udara, jika basah oleh air, keringkan.

Jika langkah di atas sudah dilakukan, cobalah nyalakan motor dengan kick starter. Lakukan beberapa kali upaya menyalakan secara manual itu. Jika tidak berhasil menyalakannya, saatnya minta bantuan ke bengkel resmi. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*