Kawasaki Zephyr 750 : The Crow, Japanese Retro Style

0
488

Kawasaki-Zephyr-750-CustomThe-Crow_8

Sarawak (naikmotor.com) – Mencari basic motor untuk dicustom memang harus jeli. Panduannya bukan cuma mesin tokcer, chassis nggak keropos, namun juga background motornya turut memengaruhi. Seperti halnya Kawasaki Zephyr 750 yang merupakan retro style naked superbike yang berjaya di era 90-an khususnya di market Eropa. Dengan basic motor naked, dipastikan performanya istimewa dan menjadi buruan para speedfreak.

Beruntung Mohamad Norhasmin asal Sibu, Sarawak yang berhasil memilikinya Zephyr 750 lansiran 1992. Member Rebel Angels MC Malaysia ini tengah memugar kondisinya dari mulai mesin hingga perangkat bodi. Café racer adalah acuan utamanya meskipun dia menyebutnya Japanese Retro Style. “Karena belum sepenuhnya layak dipanggil café racer mas,”tulisnya.

Pria yang bekerja di Ministry of Communication & Multimedia ini di tengah kesibukannya menyempatkan diri membangun Zephyr yang ditebusnya tahun 2013 bersama bantuan karibnya. Namun, soal dapurpacu, dia tidak mau main-main dan diserahkan ke ahlinya, Hock Hing yang memiliki spesialis untuk tuning dan overhaul.

Kawasaki-Zephyr-750-CustomThe-Crow_6

Menunjang performanya lebih nyaman, Mohamad Norhasmin menjejalkan Apido brake & clutch lever. “ Saya baru berani laju sampai 180 km/jam saja, padahal ini boleh sampai 200 km/jam full throttle, sayang nyawa daan keluarga bro,” ujar anggota komunitas Café Racer Sarawak ini. Senada dengan konsep Japanase retro style, dia menginstal saluran buang dari Moriwaki berkonfigurasi 4-1.Wuzzz!!

Untuk bodypart, Mohamad Norhasmin tidak melakukan banyak perubahan, hanya menyesuaikan dengan konsep customizingnya. Fairing depan untuk H-D Sportster diperolehnya dari Indonesia dan dicustom ulang termasuk penempatan panel instrument serta custom led headlamp. Sementara di belakang, shockabsorber Ohlins didaulat untuk menempati sektor suspensi, menambah performanya makin garang.

“ Mau pasang seat hornet gaya café racer itu sayang karena harus potong frame, mungkin akan pasang ekor panjang macam Jap’s style saja. Saya juga nunggu painting yang cocok dengan motor ini, tunggu sahaja.” tambahnya. Okay bro, keep up the good work! (tdr/nm)

LEAVE A REPLY

*