New Honda Sonic 150R Trial Moto Project, Kolaborasi Kampus dan Modifikator

0
Moto-Project-Honda-New-Sonic-150R-Trial-Bike-HMC_2
New Honda Sonic 150R Trial Bike garapan Moto Project untuk pemenang Honda Modif Contest 2014. Foto: HMC

Yogyakarta (naikmotor) – Honda Modif Contest bukan hanya sekadar ajang pamer motor modifikasi semata, namun juga wahana edukasi bagi kalangan modifikator.

Untuk memberikan pemahaman dan pengalaman mengenai dunia modifikasi, Honda Modif Contest bekerjasama dengan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung Program Studi Desain Produk membuka program Moto Project.

Moto Project adalah workshop mengenai rancang bangun modifikasi motor mulai dari konsep termasuk pemilihan material dan motede produksi yang tepat.

Moto Project ini diberikan untuk tiga pemenang Honda Modif Contest 2014 yakni Dwiki Aditya Suryanto (Pati), Fernando (Bali) dan Saeful (Banjarmasin). Moto Project di bawah chief advisor Indra Pranajaya dengan team advisor Lulut Wahyudi (Retro Classic Cycles), Amirul Nefo (Itenas) dan Fred Soritua Rudiyanto selaku Kepala Program Studi Desain Produk Itenas.

“Kita mengenalkan apa yang dinamakan design by drawing, menyangkut karakter pemenang termasuk ke tahapan produksinya hingga sumber daya pengrajinnya. Selain itu diberikan pula pemahaman mengenai detail part-part motor Honda serta part modifikasi,” ujar Fred Soritua.

Sementara Indra Pranajaya mengungkapkan ada tiga motor dalam Moto Project yakni New Honda Sonic 150R, CB150R Streetfire dan New Honda Vario.

“Kita ingin memberikan influence kepada modifikator bahwa banyak acuan modifikasi khususnya racing style, tidak melulu terpaku pada gaya drag atau road race. Salah satunya ya ini, model trial bike. Melalui Moto Project, kita memberikan edukasi sekaligus pengalaman kepada modifikator untuk memahami segala seluk-beluk proses modifikasi dari berbagai aspek,” jelas pemilik Razzle Dazzle Chopper  Works di Bandung.

Sementara Amirul Nefo yang juga memiliki keahlian dalam desain produk mengatakan, trial bike ini bagian dari prototype dari tiga motor lainnya yang tengah dirancang yakni cafe racer untuk CB150R Streetfire dan supermoto untuk Honda Vario.

“ Trial bike ini sebenarnya tidak rumit karena tidak mengubah struktur sasis. Namun kita ingin memberikan pembekalan kepada mdifikator mulai dari mengenal motor standar hingga langkah-langkah proses lainnya.Pemilihan part juga menggunakan komponen dari motor Honda lainnya seperti fork depan Honda CBR 150R termasuk pemilihan warna Repsol,” jelasnya.

Sementara Jhudy Gautama, senior brand activation analysis manager PT Astra Honda Motor tengah menggodok konsep kemungkinan keterlibatan kampus dalam ajang Honda Modif Contest selanjutnya.

Karena baru konsep prototype, Sonic 150R trial bike ini menggunakan pelat galvanis untuk rancangan bodinya yang dikerjakan leh Razzle Dazzle Chopper Works, namun ke depannya akan diganti material carbon fiber.

“Kami pikir dengan melibatkan akademisi akan memacu mahasiswa untuk berkarya khususnya di dunia modifikasi dan kita punya wadahnya di Honda Modif Contest. Melalui Moto Project ini kami ingin para modifikator untuk maju bersama dengan melibatkan para ahli dan akademisi,” tukasnya. (Arif/nm)

Spesifikasi New Honda Sonic 150R Trial Bike Moto Project Honda Modif Contest

Frame Stock
Mesin Stock
Roda depan 19″ x 2.15″ IRC
Roda belakang 16 x 2.15″ IRC
Front end Honda CBR150R
Knalpot Handmade by Razzle Dazzle Chopper Works
Bodi Galvanized by Razzle Dazzle Chopper Works
Painting Razzle Dazzle Chopper Works & Sena
Setang Protaper
Lampu depan Trial
Lampu belakang Trial
Footstep Custom by Razzle Dazzle Chopper Works

LEAVE A REPLY