Tips Berkendara di Musim Hujan dari Wahana

0
50
Tips Berkendara di Musim Hujan
Berkendara di Musim Hujan akan menambah ritual sebelum berkendara. Foto: istimewa

NaikMotor – Musim hujan sudah tiba, berkendara menjadi bertambah ritualnya. Berikut tips berkendara di musim hujan dari Wahana Makmur Sejati, main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang.

Musim hujan segera tiba, namun sepeda motor tetap menjadi pilihan transportasi warga Jakarta dan Tangerang untuk aktifitas harian. Tidak jarang juga musim hujan jadi ‘musuh’ bagi pengendara motor karena rentan dengan kecelakaan.

Tim Safety Riding Promotion (SRP) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) menghimbau pengguna sepeda motor untuk lebih ‘cerdas’ dalam menyikapi kondisi berkendara pada kondisi hujan. Tidak sembarang, sikap, kontrol emosi, dan kepedulian untuk lebih aman dalam berkendara motor akan dapat menekan ‘momok’ menakutkan hujan adalah musuh pengendara motor karena kerap timbulkan kecelakaan di jalan raya.

“ Kita perlu lebih sigap dan cerdas menyikapi berkendara pada musim hujan yang mulai tiba. Kondisi fisik, perlengkapan yang pas, kesiapan motor, hingga berapa trik berkendara aman harus diketahui saat hujan,” jelas Head of SRP Wahana, Agus Sani.

Berikut tips berkendara di musim hujan dari Wahana

-​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​Pastikan jas hujan siap di kendaraan, khususnya jas hujan yang terpisah antara atasan dan bawahan. Jangan gunakan jenis raincoat ponco karena rentan sebabkan kecelakaan.

-​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​Pastikan kondisi motor dalam kondisi baik untuk rem, ban serta tekanan anginnya, hingga kelistrikan seperti lampu yang sangat dibutuhkan ketika hujan supaya dapat di lihat pengguna jalan lainnya.

-​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​​ Ketika hujan turun, jangan berhenti mendadak atau terburu-buru. Pilihlah area yang aman untuk berteduh dan menggunakan perlengkapan anti hujan. Berhenti secara mendadak berpotensi tertabrak dari belakang oleh pengendara lainnya.

-​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​Berteduh atau menggunakan jas hujan usahakan mencari area yang aman, jangan berteduh langsung di bawah pohon, underpass ataupun billboard, selain beresiko terkena musibah​ tertimpa objek akibat angin, pemilihan underpass sebagai tempat teduh akan sebabkan hambatan arus lalu lintas.

-​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​Tidak ada alasan apapun, kondisi licin dan jarak pandang yang berkurang, jagalah jarak motor anda dengan pengguna jalan lainnya. Dan jangan gunakan lampu hazard karena dapat membuat bingung pengendara dibelakang anda.

-​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​Jakarta dan Tangerang sering kali mengalami banjir atapun genangan saat hujan. Waspada terhadap genangan air yg ada di jalan raya, jika kita belum memahami rute yang kita lewati

-​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​ ​Helm adalah bagian wajib berkendara dalam segala kondisi cuaca. Helm jenis fullface adalah yang terbaik untuk melindungi kepala dan air hujan. Jika muncul embun, bukalah sedikit kaca helm agar udara masuk dan menghilangkan embun tersebut. Atau, sebelum digunakan basuhlah kaca helm dengan shampoo ataupun pembersih kaca helm yang memang khusus untuk mengatasi air hujan. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*