Kawasaki EV Project, Elektrifikasi Tetap dengan Gear Shifting

0
43
Kawasaki EV Project
Kawasaki EV Project, elektrifikasi untuk tetap memberikan sensasi bersepeda motor. Foto: MCN

NaikMotor – Pabrikan the Green rupanya mulai serius soal elektrifikasi. Sebagai bukti, hadirnya Kawasaki EV Project, konsep penggerak listrik itu tampil di EICMA 2019.

Setelah menyelubunginya bertahun-tahun, Kawasaki menampilkan sebuah konsep bagaimana penggerak listrik untuk modelnya kelak. Meski hanya menampilkan mock up penggerak dalam frame terbuka, tetapi Kawasaki mengaku sudah mengetes unit EV di trek dan jalanan di Jepang.

Kawasaki EV Project

Kawasaki EV Project itu memang berbeda dengan sepeda motor listrik lainnya. Sistem penggeraknya tidak berupa motor listrik hub atau dengan final gear single speed. Tetapi benar-benar motor listrik itu hanya menggantikan silinder ruang bakar saja.

Proyek itu hanya memanfaatkan motor listrik sebagai penghasil daya. Kemudian momen puntir itu diteruskan ke rangkaian tansmisi, hingga final drive ke roda. Sehingga asih berupa konsep seperti sepeda motor pada umumnya.

Pilihan konsep proyek itu bertujuan agar penggunanya masih merasakan sensasi bersepeda motor konvensional. Seperti yang dinyatakan, Kawasaki European PR Manager, Martin Lambert.

“Kami tidak hanya ingin membuat EV untuk penggemar sepeda listrik,” kata Lambert seperti yang dikutip MCN, (7/11/2019). “Kami mulai dengan memikirkan apa yang diinginkan penggemar Kawasaki dari sepeda motor listrik, namun dengan perasaan keterlibatan yang penting bagi banyak pengendara sepeda motor, yakni gear shifting.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*