Jelang Musim Penghujan, Periksa Kinerja Pengereman Depan Berikut Disc Pad

0
174
Periksa kondisirem depan jelang musim penghujan. Foto : Maleha

NaikMotor – Cakram rem depan adalah kunci utama dari pengereman motor dengan prosentase penggunaan yang cukup besar untuk menghentikan laju kecepatan. Pengecekan berkala penting dilakukan pada part bagian ini saat musim hujan.

Memasuki musim pemghujan yang sudah mulai turun di sekitar Ibukota Jakarta dan daerah lain, membuat persiapan berkendara harus lebih banyak langkah lagi. Tidak hanya apparel yang dipakai seperti jas hujan maupun sepatu anti air, tapi juga kondisi motor yang harus tahan air. Terlebih sering melewati daerah genangan air. Kinerja sektor pengereman tidak bisa diabaikan begitu saja, jangan sampai blong saat rem difungsikan.

Tarik as pengunci discpad dengan menggunakan tang

Bagus Badak Pebengkel Connect Garage mangkal di bilangan Gang Beo, Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan. “Menjelang musim penghujan, tak ada salahnya lebih memperhatikan pengereman motor khususnya bagian depan. Kampas rem yang sudah tipis hingga mengenai piringan cakram, bisa bikin geloyor saat rem depan ditarik. Harus buru-buru diganti baru agar lebih optimal fungsinya. “

Kondisi kamoas rem yang bergesekan dengan piringan cakram, harus segeradiganti discpadnya.

“Langkah pertama lepas kaliper dari tabung sokbreker, cek kondisi piston kaliper setelah kaliper terlepas. Bongkar kampas rem untuk mengetahui kondisi sebenarnya, habis rata atau ada bekas gesekan dengan discbrakenya dengan menarik as batang pengunci dengan tang, setelah melepas kancing kawatnya. Bersihkan dari debu dan kotoran bagian piston kaliper yang menempel dengan menggunakan sikat kawat halus agar piston tidak baret. Lanjut bersihkan seal karet untuk dudukan breket kaliper dan kawat seng. Pasti banyak kotoran yang nyempil, tiup pakai air kompresor,” terang Bagus yang mahir mengerjakan servis dan korek motor Satria F150.

Bersikan piston kaliper dari debu dan kotoran yang menempel

Setelah membersihkan seluruh badan piston kaliper dari kotoran, ada cara mudah untuk memposisikan kembali piston kaliper masuk ke dalam lagi. “Gunakan bantuan kunci ring ukuran 19 mm untuk menekan piston kaliper hingga nyaris rata. Gunakan grease yang khusus dipakai untuk bagian CVT untuk melumasi batang breket kaliper atas dan bawah. Alasan dipilihnya grease untuk CVT karena sifatnya yang tahan panas dan tidak mudah lepas dari bagian yang dilumasi,” tambah pria yang memiliki 1 anak ini.

Berhubung piringan cakram sudah terkikis diluar dan dalam, ada cara mudah biar putaran roda tidak seret karena discbrake kegerus. “ Cukup digerinda pada bagian pinggir disc pad yang dibikin tirus dengan bor tuner, hal ini untuk menghindarkan gesekan bidang kampas rem dengan bekas gerusan piringan cakram. Otomatis putaran roda gak bakalan seret ,” pungkas Bagus. (Maleha/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*