Laba Grup Astra Boleh Turun, Tetapi Penjualan Motor Honda Naik 5%

0
39
Grup Astra Kuartal III 2019 Turun
Laba bersih Grup Astra Kuartal III 2019 turun, tetapi sektor-sektor roda 2 naik. Foto: istimewa

NaikMotor – Laba bersih PT Astra International Tbk menurun pada periode 2019 hingga September. Meski laba bersih Grup Astra kuartal III 2019 turun 7%, tetapi penjualan sepeda motor Honda naik 5%.

Laba bersih Grup mencapai Rp15,9 triliun, menurun 7% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2018. Hal ini terutama disebabkan oleh penurunan kontribusi dari divisi otomotif dan agribisnis, yang mana penurunan tersebut lebih besar daripada peningkatan kontribusi dari divisi jasa keuangan.

Meski kinerja Grup Astra kuartal III 2019 turun, namun Grup meraih hasil positif dari sektor-sektor yang berkaitan dengan sepeda motor. Seperti penjualan sepeda motor secara nasional meningkat 4% menjadi 4,9 juta unit. Penjualan sepeda motor Astra Honda meningkat 5% menjadi 3,7 juta unit, dengan pangsa pasar sedikit meningkat menjadi 75% (sumber: Kementerian Perindustrian). Pada periode ini telah diluncurkan 6 model baru dan 19 model revamped.

Bisnis komponen otomotif Grup, PT Astra Otoparts Tbk (AOP), yang 80% sahamnya dimiliki Perseroan, mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 24% menjadi Rp512 miliar, terutama disebabkan oleh kenaikan pendapatan dari segmen pasar suku cadang pengganti (REM/replacement market) dan menurunnya biaya produksi.

Kontribusi laba bersih dari PT Federal International Finance (FIF) yang fokus pada pembiayaan sepeda motor Grup meningkat 8% menjadi Rp1,9 triliun, disebabkan portofolio pembiayaan yang lebih besar.

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk, menyatakan, “Sementara pencapaian kinerja tahunan Grup diperkirakan masih akan diuntungkan oleh peningkatan kinerja dari bisnis jasa keuangan dan kontribusi dari tambang emas yang baru diakuisisi, tantangan atas konsumsi domestik yang lemah dan harga komoditas yang rendah masih tetap perlu diwaspadai.” (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*