Zulu Helmets: Ada Segmen yang Tidak Terwakili Merek di Sekitar Mereka

0
877

Zulu-Helmets_lead
Zulu Helmets hadir untuk para pengendara motor skuter, choppers, cafe racer mengusung aspek fashion dan desain, keselamatan, teknologi dengan harga sesuai kualitas. Foto: Arif

Jakarta (naikmotor) – Satu lagi brand helm custom ikut menjadi salah satu alternatif bagi para pemotor penunggang skuter, motor klasik, choppers atau cafe racer di Indoensia. Zulu Helmets namanya, yang mengusung dua kunci utaanya, safety dan inovasi.

Kami bertemu dengan Nellie Pang, chief product officer Zulu Helmets di event Mods vs Rockers, Agustus lalu di Pancoran dan Kustomfest 2015 di Jogja. Zulu melihat potensi besar pasar motor di Indonesia menjadi bagian dari tujuan bisnis helmnya.

Pesatnya pertumbuhan motor 150cc ke atas termasuk di antaranya skuter adalah bagian dari aspirasi kelas menengah yang menguat. “Alasan mengapa segmen menengah tumbuh pesat di kelas 150cc adalah karena kelas menengah lebih bergerak cepat. Mereka lebih sadar fashion, peduli tentang kesehatan mereka dan keselamatan, akses media sosial dan juga berpendidikan,” ujar Nellie.

Ada populasi besar di antara orang-orang yang tidak cukup diwakili oleh merek di sekitar mereka. Nah, Zulu berharap bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan produk yang memenuhi aspek fashion atau desain, keselamatan, teknologi dengan harga sesuai kualitas.

Zulu Helmets memiliki 10 desain dengan berbagai ukuran medium dan large dan XL.  Mereka menawarkan harga berkisar dari Rp 400 ribu sampai Rp 450 ribu , tergantung dari garis chrome atau tidak. Kami melakukan interview dengan Nellie soal bisnis helm Zulu.

Kapan Anda memulai bisnis? Dan apa latar belakang Anda?
Zulu baru mulai 3 bulan yang lalu. Tapi kita belum secara resmi meluncurkannya. Baru akhir tahun ini kami merencanakan untuk merilis resminya.

Background saya sebenarnya sarjana (University of London) di bidang arkeologi spesialis tulang. Tapi saya sudah bisa dan hobi naik motor sejak usia 15 tahun. Dan juga menyukai motor custom mulai choppers, cafe racer dan Japs style. Pertama punya motor termasuk memiliki lisensi yaitu Honda Magna 250cc termasuk mengcuston dengan krom dan aluminium dan meningkatkan kapasitas mesinnya.

Bagaimana melihat pasar Indonesia khususnya di segmen helm custom?
Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar untuk sepeda motor karena lebih dari 100 juta terdaftar. Zulu fokus menggarap segmen menengah ke atas khususnya motor 150cc ke atas termasuk Vespa dan cafe racer.

Segmen helm custom masuk ke dalam trend di kelas 150cc ke atas. Saat ini kami baru memproduksi sekitar 50 helm sesuai dengan pesanan. Kami juga kini tengah menggarap proyek helm custom bekerjasama dengan kedutaan Jerman.

Tentu saja kami banyak mendapat masukan juga dari konsumen yang telah membeli produk kami sebagai upaya kami mampu meningkatkan kualitas dan memproduksi produk sesuai dengan kebutuhan mereka.

Apa Key Selling Point dari Zulu helmets?
Kami memiliki dua poin kunci di antara nilai jual lainnya yakni keselamatan dan inovasi. Banyak perusahaan helm di Indonesia yang sudah memiliki embos SNI, DOT ECE, Snell dan lain-lain, tetapi mereka tidak terdaftar sebagai penjual resmi bersertifikat. Kami memiliki sertifikasi SNI dan kami juga menampilkan video pengujian sehingga pelanggan tahu seberapa aman produk kami.

Kami mencoba sebaik mungkin untuk memastikan kualitas tinggi dari produk yang dihasilkan. Kami telah memperhatikan bahwa banyak orang yang menunjukkan perilaku ‘tidak aman’ ketika berkendara sepeda motor.

Karena itu, kita tengah dalam proses memproduksi helm untuk inovasi fungsional. Banyak pengendara berbicara di telepon ketika mengemudi dan pada saat yang sama mereka memarkir untuk menemukan arah pada ponsel mereka.

Kami memahami bahwa keselamatan adalah hal paling penting, untuk itu kami tengah mempersiapkan teknologi bluetooth yang terpadu pada helm serta terkoneksi dengan IOS (SIRI) dan Android (Android Voice).

Anda akan melihat fitur teknologi apa yang kami integrasikan ke dalam perangkat. Soal harga? Jangan khawatir. Kami memastikan bahwa hal itu akan kompetitif juga, sehingga sebagian besar orang mampu untuk menjadi aman.

Bagaimana dengan distribusi? Berapa banyak dealer, reseller sekarang?
Saat ini kami melakukan penjualan sebagian melalui instagram dan facebook. Tapi kami sedang membangun sebuah website yang informatif dengan platform e-commerce. Soal reseller off-line, kami sangat hati-hati memilihnya agar sesuai dengan misi perusahaan kami. Sementara produk kami juga biasa didapatkan di Epic Veil di Cipete serta awal bulan depan hadir di Goods Dept.

Penasaran? Silakan follow twitter, instagram dan facebook @zuluhelmets. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*