Yamaha DT-07 Concept, Flat Track Pemuas Adrenalin

0
Yamaha-dt-07-dirttrack_2
Yamaha Motor Corporation, U.S.A.merancang Yamaha DT-07 Dirt Track yang berbasis Yamaha FZ-07 untuk digunakan di ajang flat track. Foto: Yamaha USA

Amerika (naikmotor) – Yamaha di Amerika Serikat memang memiliki catatan sukses yang panjang di dirt-track racing, tampaknya itulah inspirasi untuk mewujudkan Yamaha DT-07 Concept.

Dengan berbasis pada FZ-07 yang sukses diperkenalkan 2014, konsepnya benar-benar menelanjangi FZ-07 agar sesuai untuk berlaga di flat track racing, bahkan rem depannya pun dicopot.

DT-07 didesain oleh Jeff Palhegyi, perancang custom senior pabrikan Yamaha USA, pedesain spesialis dirt track, sebelumnya pernah merancang TZ750.

“FZ-07 saat pertama kali diperkenalkan langsung kita sadari ideal untuk flat-track racing, karena mesin ‘Crossplane Concept’ parallel-twin dengan torsi puncak pada putaran rendah hingga menengah,” ujar Keith McCarty, manajer motorsports racing division Yamaha Motor Corporation, U.S.A. “Kami ingin melihat apa yang kita bisa lakukan dengan motor ini sebagai flat tracker, dan kami sangat senang dengan hasilnya.”

Konsep DT-07 memang mempunyai akar yang nyata, sebagai FZ-07 yang dimodifikasi untuk balap di seri-seri AMA Pro Flat Track. Pembalapnya Dominic Colindres telah bertarung dan menempati posisi ke-4 pada AMA Pro terakhir di Delaware.

DT-07 memiliki rangka yang dibuat khusus, swingarm-nya memiliki sistem tautan dan link yang bisa diatur, garpu depan berdesain right side up milik YZF-R6 pre-2005, shockabsorber Ohlins dan pelek Propulsion Labs. Mesin twin 270 derajat crankshaft 689cc dari FZ-07, dengan ubahan intake dan ECU programmable dan knalpot produk Graves Motorsports.

DT-07, tampil seperti dirt-tracker sebenarnya dengan profil datar. Bodywork dengan desain one piece berlivery perayaan 60 tahun kiprah balap Yamaha.

“Ini interpretasi Yamaha bagaimana wujud desain seharusnya dirt tracker 2015,” cetus Derek Brooks, manajer motorcycle product planning Yamaha Motor Corporation, U.S.A., “Saya bekerja dengan Jeff (Palhegyi) untuk mendesain motor ini, dan kita meniru cover tangki FZ-07, sebagai dasar mold bodi pada DT-07 Concept, ” pungkasnya.

Sayangnya, konsep tak akan bisa didapat di showroom, sebab hanya akan digunakan untuk dirt-track saja tahun depan. Bahkan kapan diturunkan balapan pun belum dipublikasikan. Anehnya, di Eropa Juli lalu telah diluncurkan XSR700, model bergaya flat-track atau paling tidak scrambler. Jadi sedikit mengherankan jika Yamaha USA masih membiarkan kita menunggu.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY