Uncle Hard Enduro 2019 Event International di Kiram Park Kalimantan Selatan

0
Uncle Hard Enduro 2019
Uncle Hard Enduro 2019 menjadi event International pertama di Indonesia. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Mengakomodasi tren hard enduro yang tengah berkembang, Pemerintah Kalimantan Selatan dan Indonesia Offroad Federation (IOF) bakal menggelar Uncle Hard Enduro 2019 pada 22-24 November di Kiram Park, Kalimantan Selatan.

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir Hard Enduro semakin berkembang di tanah air dengan banyaknya event ini digelar hampir setiap minggu dan tumbuhnya klub klub komunitas di seluruh daerah. Perkembangan ini secara langsung mendorong olah raga hobby ini bergeser ke olah raga prestasi.

Di beberapa negara dunia, Hard Enduro Race menjadi salah salah satu icon untuk promosi negara & daerah dengan konsep olah raga dan wisata (Sport Tourism), seperti Red Bull Romaniacs (Romania), Erzberg Rodeo (Austria), Hixpania Hard Enduro (Spanyol), Extreme Lagares (Portugal), Roof of Africa (Afrika Selatan) & Sea to Sky (Turki).

Uncle Hard Enduro 2019
Kolaborasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan IOF hadirkan konsep sport tourism. Foto: Yusuf Arief

“Ini adalah event enduro International yang pertama di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.” ujar Waluyo, Ketua Pelaksana Uncle Hard Enduro 2019 saat press conference di Kiram Park, Kalimantan Selatan, Selasa (24/11/2019).

Menurutnya, Indonesia dengan modal potensial komunitas yang besar & alam yang sangat mendukung untuk hard enduro, maka kami akan memulai untuk pertama kalinya di Indonesia menggelar event international hard enduro race di Kiram Park Kalimantan Selatan dengan title event UNCLE HARD ENDURO 2019.

Kiram dan Meratus Geopark memliki menu lengkap kontur cross up down perbukitan, batu, sungai, open track speed, teknikal obstacle dan tidak melewati pemukiman warga. Potensi ini boleh dikatakan sebagai surga untuk Hard Enduro.

Uncle Enduro Park 2019
Gubernur Kalimatan Selatan yang akbrab dipanggil Paman Birin memperlihatkan langsung pesona alam di Kiram Park. Foto: Yusuf Arief

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, S.Sos, M.H. yang juga hadir dalam acara ini, menjelaskan, konsep utama Uncle Hard Enduro 2019 adalah Sport Tourism. Dimana di setiap lokasi event ini digelar diharapkan mampu memacu perekenomian daerah melalui olah raga dan pariwisata. Seperti kita ketahui bersama Kalimantan Selatan sangat kaya akan potensi destinasi wisata alam terutama di Kawasan Meratus Geopark.

“Menjadi hal yang luar biasa mengumpulkan orang luar negeri di Kalimantan Selatan dalam suatu event International yang tentunya juga akan mengharumkan Indonesia tercinta ini.” terang Gubernur yang akrab dipanggil dengan Paman Birin.

Race akan digelar di area kiram & meratus geopark dengan konsep 3 race. Sabtu 22 November 2019 pagi race I prolog, Sabtu 22 November 2019 sore race II signature track & Minggu 23 November 2019 race III jungle race.

Ada Kelas yang dilombakan yaitu,  South Borneo International, Kiram Knight (Nasional di bawah 40 tahun) dan Kiram Warrior (Nasional di atas 40 tahun) dengan total hadiah USD. 17.500. (YA/ NM)

LEAVE A REPLY