Menantang Adrenalin Jurnalis di Yamaha Endurance Festival 2019

0
41
tim jurnalis YEF 2019
Tim jurnalis turut memacu motor balap ketahanan di YEF 2019. Foto: istimewa

NaikMotor – Balap ketahanan selama 2 jam penuh yang dihadirkan oleh Yamaha Endurance Festival 2019 (YEF) membawa  pengalaman tersendiri bagi naikmotor.com. Sebab, kami turut balapan langsung di tim jurnalis YEF 2019 itu.

Sebuah tantangan yang diberikan oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM) untuk mengikuti gelaran di tahun kedua penyelenggaraan YEF 2019, yang diselenggarakan di Sentul Internasional Sirkuit selama 3 hari berturut-turut (13-15/9/2019). Kesempatan langka diberikan khusus untuk 9 awak jurnalis yang terpilih, dan terbagi 3 tim jurnalis YEF 2019. Kesempatan yang membuat semangat untuk benar-benar merasakan langsung euforia akan balap ketahanan 2 jam di YEF 2019.

Yudi Maleha-naikmotor.com

Dimulai dari sesi briefing Pembalap pada hari Jumat (13/9/2019) yang menyampaikan banyak hal tentang YEF 2019 mulai dari regulasi, peraturan lomba, starting procedure hingga motor yang dipakai berlomba. Awak media yang dibagi dalam 3 tim diberi kesempatan mencoba 3 unit motor Yamaha All New R15 VVA yang telah dipersiapkan dan sudah dipakai kontestan regular Yamaha Sunday Race, yaitu sportbike Yamaha All New R15 VVA 155 cc yang biasa dipakai di kelas All New R15 Idemitsu Junior Pro.

Sesi Free Practice dan Qualifying Time Trial (QTT) pada hari Sabtu. Saat baru bisa merasakan performa sportbike 155 cc ini. Kondisi motor yang nyaris 100% standar pada Yamaha All New R15, cukup andal untuk berkompetisi. “Penggantian yang masih terbatas, yaitu monoshock belakang, ban IRC Tire Radial RMC803, steering damper, footstep RCB, gir belakang dan bodi fiberglass yang sudah dicustom untuk keperluan balap,” awak naikmotor.com, Yudi Maleha yang tergabung dalam tim Media 3.

Pada saat QTT yang berlangsung 30 menit, menjadi kesempatan mengumpulkan catatan waktu terbaik dilakukan oleh 3 rider secara bergantian oleh rider batch blue dan yellow. Tim Media 3 Batch blue melakukan QTT Sport 155 cc sesi pertama memperoleh best time dengan 2:08.528 seperti yang terekam Hot Laps Timing System. Dilanjut dengan rider batch yellow yang perolehan waktu 2:15.938. Hasil ini nantinya yang akan menentukan posisi grid start pada saat race day di keesokan harinya.

Di race day pada hari Minggu tim Media 3 berada di posisi grid start 15, merupakan hasil yang di dapat saat QTT kemarin. Saat race tercatat 24 tim telah mengisi grid position sudah menempati urutannya masing-masing. Nantinya saat race tiap tim harus melakukan pergantian pembalap tiap 10 lap yang sudah dilakukannya, strategi berbeda-beda yang diambil oleh masing-masing tim merupakan kunci keberhasilan untuk bisa bersaing dalam 10 besar yang telah ditentukan.

Tepat pukul 10.00 race Sport 150 cc resmi dilepas, selama 2 jam jalannya balap peserta mengatur ritme yang konstan agar catatan waktu bisa diperoleh maksimal. Tim Media 3 saat 30 menit pertama menduduki posisi 8 yang berarti masuk dalam 10 besar dengan best time 2:06.967. Pergantian rider pun dilakukan, terjadi penurunan timing dan posisi sementara. Menginjak 30 menit berakhir kembali mencoba melakukan push oleh rider batch blue, hingga bendera finish berkibar raihan posisi 12 menjadi mutlak di dapat oleh Tim Media 3.

Akhirnya, Tim Media 1 yang diisi oleh Aan Yulianto (tabloid Otomotif), Hieronimus ‘Manut’ Girindra (Otorider.com) dan Heru Godzy (Otojateng.com) berhasil mewakili keseluruhan awak jurnalis mengisi podium 10, yang berarti sesuai target dalam 10 besar yang bisa diraih. (Maleha/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*