4 Langkah Jitu Merawat Ban Tubeless

0
69
Langkah Merawat Ban Tubeless
Meski lebih praktis tetapi ban tubeless harus tetap dirawat. Foto: Teguh

NaikMotor – Ban tubeless dinilai lebih unggul dalam beberapa hal, terutama dari sisi kepraktisan, tetapi tetap butuh perawatan. Berikut 4 langkah merawat ban tubeless.

Ban tubeless memang lebih mudah dalam perawatan daripada ban dengan ban dalam atau tube type. Saat tertusuk benda tajam, ban tubeless tidak langsung bocor seperti ban dengan ban dalam. Tetapi tentunya saat butuh ban replacement, sebagai konsumen harus jeli dalam memilih ban tubeless baik maupun ukuran dan kebutuhan.

Namun, bagaimana supaya ban ini lebih awet serta tetap aman dan nyaman digunakan saat berkendara? Anda juga harus tahu cara merawat ban motor tubeless. Apa saja langkah merawat ban tubeless?

Pertama perhatikan tekanan ban harus sesuai rekomendasi pabrikannya.

Kedua, jangan menaiki sepeda motor sat bannya kempis sebab bisa berakibat ban bisa rusak atau sobek.

Ketiga sering-seringlah mengecek kendaraan terutama ban, jadi kerusakan bisa didetekai lebih awal untuk meminimalisir kejadian yang tak diinginkan.

Terakhir soal menambal ban tubeless. “Jangan tambal ban tubless sembarangan, cara paling benar adalah dengan sistem tip top tambal dari dalam dengan membuka ban dari pelek) dan bukan string (tusuk dari luar), karena apabila menggunakan sistem tusuk dari luar, dipastikan serat-serat benang yang ada di dalam ban pasti putus, dan inilah yang menyebabkan ban gampang benjol,” terang Gunawan, karyawan salah satu toko ban di Pondok Gede, Bekasi. (Teguh/Rob/NM)

LEAVE A REPLY

*