Serunya Yamaha Endurance Festival 2019, Balap Ketahanan Selama 2 Jam

0
22
Yamaha Endurance Festival
Yamaha Endurance Festival 2019, Balap Ketahanan Selama 2 Jam Foto : Wawa

NaikMotor – Untuk kedua kalinya, balap ketahanan yang bertajuk Yamaha Endurance Festival 2019 (15/9/2019). Balap ketahanan selama 2 jam ini jadi tantangan untuk para pembalap dan juga komunitas.
Yamaha Endurance Festival 2019 yang diadakan di di sirkuit Sentul International Circuit ini menyajikan beberapa kelas, ada dari pembalap Profesional & Community 250 yang menggunakan motor Yamaha YZF-R25 dan kelas Community 155 yang menggunakan motor YZF-R15.
Berbeda dari tahun sebelumnya, balap ketahanan Yamaha Endurance yang diadakan  kali ini dalam durasi 2 jam perjalanan kompetisi, sebelumnya hanya 1 sampai 1,5 jam saja.
“Peningkatan durasi balap ketahanan Yamaha Endurance Festival tahun ini sudah melalui pertimbangan matang. Kita sudah melakukan kajian dan memang sesuai dengan aspirasi teman-teman pembalap dan komunitas. Hal ini menunjukkan antusias besar para sponsor bersama Yamaha untuk menumbuhkan budaya balap di Indonesia,“ terang M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Selain durasi, pada saat Pit In hingga Pit Out yang semula 3 menit berubah menjadi 1 menit 30 detik.  Sementara formasi tim balapnya, 1 tim akan terdiri dari 2 pembalap yang akan menggunakan 1 motor untuk balapan selama 2 jam dengan bantuan 2 mekanik.
Ini yang jadi tantangan bagi para peserta baik pembalap professional ataupun komunitas, karena balap ketahanan bukan hanya bicara perfoma motor yang kencang tetapi paling penting ialah strategi tim.
Sedangkan mengenai sistem start, pada Yamaha Endurance kali ini tetap akan mengaplikasi prosedur seperti start gaya Le Mans, pembalap harus berlari terlebih dahulu menuju motor yang terparkir rapi di seberangnya kemudian memacunya. (Wawa/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*