Quartararo dan Dovizioso Selamat Berkat Airbag Alpinestar Tech-Air yang Digunakan, Begini Grafiknya

0
47
selamat berkat airbag Alpinestar
Dovizioso mengalami highside ketika tak berhasil menghindari motor Quartararo di Silverstone. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Saat lap pertama MotoGP 2019 Inggris di Silverstone, (25/8/2019) Pembalap Petronas SRT Yamaha, Fabio Quartararo dan Pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso terjatuh. Keduanya selamat berkat airbag Alpinestar Tech-Air yang digunakan, begini grafiknya.

Saat putaran pertama seri Inggris itu, M1 Quartararo terpeleset di tikungan pertama itu, dan highside. Sementara Desmosedici GP19 Dovi terjungkal karena menabrak M1 Quartararo karena kesulitan menghindar dan kemudian Desmosedici GP19 itu terbakar.

Selain hanya menderita lecet-lecet, keduanya selamat berkat airbag Alpinestar Tech-Air yang digunakan pada jersey balap mereka. Tentu lain cerita jika regulasi kewajiban menggunakan jersey balap yang dilengkapi airbag belum diterapkan. Padahal keduanya terjatuh dalam kecepatan cukup kencang, sehingga terbanting keras ke aspal trek.

selamat berkat airbag Alpinestar Tech-Air yang digunakan

Alpinestar sebagai produsen jersey dengan teknologi airbag itu telah mempublikasikan grafik bagaimana perangkat mereka bekerja menyelamatkan Pembalap MotoGP dari cedera serius. Pada grafik tampak, sistem airbag berhasil mengembang dalam waktu 0,06 detik saat Quartararo melayang jatuh. Kemudian selama 4,7 detik berikutnya Quartararo berguling-guling akibat akselerasi lateral impact.

Sementara pada Dovizioso, airbag mengembang 0,145 detik sebelum terjatuh. Sisa grafik berikutnya menunjukkan saat Dovi terguling-guling juga. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*