Unik Nih, Sepeda Listik Tanpa Crank Buatan Skoda

0
193
Sepeda Listik Tanpa Crank
Klement sepeda listik tanpa crank, konsep dari Skoda. Foto: skoda

NaikMotor – Pabrikan mobil dari Ceko ini berinovasi dengan sepeda listrik unik. Keunikannya, produk Skoda ini sepeda listrik tanpa crank.

Sepeda listrik ini didesain bukan seperti moped, skuter atau e-bike. Tetapi sebut saja sebagai sepeda listrik tanpa crank. Skoda menyebutnya sebagai Klement concept.

Sepeda Listik Tanpa Crank

Sebagai pengontrol pergerakannya memang tidak umum. Tidak ada pedal, dan crank, jika sebagai sepeda dan tidak ada throttle gas jika sebagai moped, skuter ataupun sepeda listrik.

Selain itu hanya terdapat suspensi single side arm di bagian depan. Frame-nya rigid, jadi bagian belakang hanya mengandalkan kekenyalan ban medium fat Schwalbe Super Moto-X untuk menyerap guncangan.

Pada hub roda belakang itulah diletakkan motor listrik 4 kW atau setara 5,4 daya kuda. Motornya mampu membuat Klement mencapai kecepatan 45 km/jam. Sebagai sumber listrik dari 2 baterai yang bisa lepas pasang dengan daya gabungan 1,25kWh, sehingga Klement mampu menjelajah sejauh 62 km. Berat Klement sekitar 25 kg.

Sekarang soal bagaimana mengontrol pergerakannya. Ternyata melalui pijakan statis di tempat seharusnya pedal dan crank berada. Jika footrest itu ditekan ke arah depan, maka Klement akan bergerak maju. Jika ditekan ke arah belakang akan mengubah model sebagai regenerative brake. Sementara untuk mengerem, footrest-nya tekan ke belakang hingga mentok.

Sistem rem Klement juga tidak biasa, karena selain bersistem hidrolik juga dilengkapi ABS.Tetapi sayangnya belum ada informasi berapa harganya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*