Begini Efeknya Apabila Mengisi Oli Mesin Berlebihan

0
83
Oli Mesin Berlebihan
Mengisi oli mesin jangan berlebihan, bisa bikin jebol mesin. Foto: Teguh

Naikmotor – Oli mesin tidak boleh kurang volumenya dari yang disyaratkan, karena pelumasan jadi kurang efektif. Sebaliknya, apa akibat jika mengisi oli mesin berlebihan?

Oli mesin berfungsi untuk melumasi permukaan metal komponen mesin yang saling bergesekan. Sehingga komponen tidak mengalami keausan terlalu cepat. Selain itu, cairan ini juga berguna sebagai pembersih dan pencegah karat. Jadi, kotoran yang ada pada bagian mesin akan disaring oleh saringan oli mesin.

Setiap pengendara pasti pernah melakukan yang namanya ganti oli. Bagaimana ganti oli yang baik dan benar, apa akibat jika mengisi oli mesin berlebihan? Begini, kata mekanik bengkel.

“Efek yang ditimbulkan apabila mengisi oli mesin berlebihan adalah kerja mesin jadi lebih berat,” papar Yudha Mekanik bengkel Sanz Motor di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

“Pada motor yang koplingnya terendam oli, bisa mengakibatkan selip kopling yang mengakibatkan boros bensin dan tenaga mesin akan berkurang. Paling parah ya bisa menyebabkan turun mesin,” imbuhnya lebih lanjut.

Untuk pengisian oli yang baik sesuikan dengan petunjuk yang dianjurkan, jangan berlebihan atau kekurangan jadi harus pas, dan jangan dianggap sepele karena fatal akibatnya. (Teguh/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*