Ada 5 Sepeda Bermotor Listrik dari Hasil Modifikasi di IEMS 2019

0
178
sepeda bermotor listrik modifikasi
Ada 5  sepeda bermotor listrik dari hasil modifikasi di IEMS 2019 Foto : Wawa

NaikMotor – Pada pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 bukan hanya menampilkan sepeda bermotor listrik baru dari pabrikan ternama saja. Ada 5  sepeda bermotor listrik dari hasil modifikasi di IEMS 2019.

Semua sepeda bermotor listrik modifikasi ini dari Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia (Kosmik) yang hadir dengan model yang beragam. Seperti layaknya bentuk sepeda motor biasa, namun bagian mesin diganti dengan motor listrik sebagai penggerak roda.

sepeda bermotor listrik modifikasi

Mulai dari model sepeda motor Honda DAX yang dimodifikasi menggunakan penggerak tenaga listrik, sepeda motor ini makin terlihat imut dengan mesin yang diganti motor listrik. Motor penggeraknya diletakkan di tengah yang disambungkan dengan gir dan rantai ke roda belakang.

sepeda bermotor listrik modifikasi

Berikutnya, sepeda motor listrik bergaya street cub yang basisnya dari Honda Astrea Grand. Street Cub bermotor listrik ini menggunakan penggerak roda yang diletakkan pada hub roda belakang. Uniknya, agar tidak terlihat kosong, tempat yang semula untuk mesin bakar (kombusi) difungsikan sebagai tempat baterai untuk mensuplai tenaga listrik.

Ada juga sepeda bermotor listrik bergaya trail. Basisnya dari mirip Kawasaki D-Tracker yang dimodifikasi menggunakan penggerak bertenaga listrik untuk perputaran roda. Sebelahnya ada sepeda bermotor listrik ala sepeda low rider, penggerak tenaganya ada pada hub roda belakang dan juga terdapat pedal sebagai suplai tenaga.

Lanjut lagi ada sepeda bermotor listrik dengan tampilan vintage ala BMW R27, sepeda bermotor listrik ini hasil buatan bengkel Acas Custom yang kini  menggunakan penggerak tenaga listrik.

“Sepeda bermotor listrik ini buat sendiri, dari rangka dan sebagainya. Untuk motor listriknya berkekuatan 5.000 Watt dengan baterai lead acid atau aki basah. Untuk top speed pernah dicoba tembus 80 km/jam,” kata Hendro Sutono, salah satu member Kosmik.

Terakhir sepeda bermotor listrik bergaya chopper. Berbeda dengan hasil modifikasi Kosmik lainnya, chopper ini menggunakan motor penggerak pada hub roda depan, dan dilengkapi pedal. Selain sebagai penggerak alternatif, pedal juga sebagai  hall sensor untuk input besaran tenaga keluaran motor hub depan itu.(Wawa/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*